ANALISIS GERAK AKSELERASI SPRINT 100 METER (Studi pada Atlet Lari Sprint 100 Meter Putra Pelatnas B, Ditinjau dari Aspek Biomekanika)

  • AQIDATUL FAIZAH
  • YONNY HERDYANTO

Abstract

ABSTRAK

Lari sprint adalah lari yang dilakukan dengan kecepatan maksimal dan menempuh jarak yang telah ditentukan. Pencapaian olahraga prestasi yang baik tidak terlepas dari berbagai macam komponen pendukung. Salah satu yang dinanti dan paling bergengsi dalam cabang olahraga atletik adalah lari jarak pendek nomor lari lari 100 meter.

Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Sumber penelitian ini adalah video akselerasi sprint 0-30 m. Dan teknis analisis data dengan menggunakan bantuan dari aplikasi analisis gerak yaitu software dartfish. Dartfish adalah salah satu software yang dapat dimanfaatkan untuk semua pengamatan, pengamatan dapat ddilakukan melalui video dari atlet yang sedang melakukan akselerasi sprint. Kemudian dengan menggunakan perangkat lunak (analyzer), video dapat diubah ke dalam potongan-potongan gambar (stromotion).

Gerakan sprint yang dilakukan oleh subjek penelitian telah sesuai dengan teknik berlari dengan badan condong kedepan, tangan diayun membentuk sudut ±90˚ berlawanan dengan gerakan kaki. Gerakan akselerasi dengan waktu tempuh yang baik adalah gerakan kedua yang dilakukan oleh subjek kedua. Dengan panjang langkah tertinggi 2,45 m sudut badan 80,9˚, rata-rata panjang langkah 2,22 m, dan kecepatan rata-rata tertinggi 7,37 m/s sehingga menghasilkan total frekuensi 17 steps.

Kata kunci : Analisis Gerak, Panjang Langkah, Frekuensi Langkah, Sprint 100 Meter.

ABSTRACT

Sprint is run is done with maximum speed with a predetermined distance. Achievement of a good sport achievement can not be separated from varioussupporting componen. One favorite and popular prestigious athletics of sports is sprint with 100 meters track distance. The purpose of this study was to determine the biomechanical acceleration movement of 100 meters sprint.

The research method used quantitative descriptive analysis method. This research data source is video acceleration 0-30 m. And technical data dartfish. Dartfish is one software that can be used for all the purpose of observation, observation can be made through videos of athlete who are doing sprint acceleration. Then using software (analyzer), the video is converted into image pieces (stromotion).

Sprint movement carried out by the research were in accordance with the running technique with the body leaning forward, the hand swing to from a ±90˚ angle opposite to the foot movement. Acceleration movement with good travel time is the second movement carried out by the second subject. With the highest step length of 2,45 m, the body angle of 80,9˚, the average step length of 2,22 m and the highest speed average of 7,73 m/s resulting in a total frequency of 17 steps.

Keyword : Motion Analysis, Step Length, Frequency Step, Sprint 100 Meter.






Published
2019-01-04
Section
Articles
Abstract Views: 1136
PDF Downloads: 839