ANALISIS GERAK TOLAK PELURU GAYA OBRIEN PADA ATLET PPLP JATIM (Studi Pada Atlet Tolak Peluru PPLP JATIM, ditinjau dari Aspek Biomekanika)

  • RIZKI MARGI TIRTA RAMADHANI
  • YONNY HERDYANTO

Abstract

Pada ilmu olahraga juga sudah sangat dikenal suatu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari gerakan. Ilmu tersebut dikenal dengan nama biomekanika.Biomekanika kerja adalah suatu bidang yang fokus pada proses mekanika (gaya, momen, kecepatan, percepatan serta tekanan) yang terjadi pada tubuh manusia, terkait dengan aktifitas fisik yang dilakukan pekerja. Semua aplikasi biomekanika kerja memiliki tujuan utama, yaitu memperbaiki performasi manusia dalam bekerja serta mengurangi risiko cedera pada system otot rangka. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diajukan penelitian ini adalah Bagaimana rangkaian gerak tolak peluru gaya o’brien pada atlet PPLP Jatim ditinjau dari aspek biomekanika ? yang berkaitan dengan posisi awalan, gerak, luncuran sampai dengan release, sehingga dapat memberikan saran perbaikan gerakan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif analisis menggunakan prinsip-prinsip dan bantuan aplikasi software dartfish. Jika mulai fase persiapan sampai fase gerakan terjadi percepatan maka pada saat peluru lepas dari tangan juga terjadi percepatan. Semakin kuat tungkai menjejak tanah untuk gerakan ekstensi makin besar pula tenaga yang diperoleh untuk mendorong peluru ke atas. subjek NH pada saat peluru lepas dari tangan dengan percepatan 1:96 sec menghasilkan jarak lemparan 14.96m. Sedangkan subjek MD, pada saat peluru lepas dari tangan dengan percepatan 1:36 menghasilkan jarak lemparan 12.26m.

Kata Kunci : Biomekanika, Tolak peluru

Published
2019-01-08
Section
Articles
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 1904