ANALISIS KETERAMPILAN SERVICE PADA CABANG OLAHRAGA SEPAKTAKRAW KLUB ROTAN MAS UNTUK PEMULA KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN SAMPANG

  • ABDURRACHMAN MUKTI
  • ARIF BULQINI

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS KETARAMPILAN SERVIS PADA CABANG OLAHRAGA SEPAKTAKRAW KLUPPB ROTAN MAS UNTUK PEMULA KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN SAMPANG.

Nama : Abdurrrachman Mukti

Nim : 12060474262

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Fakultas : Ilmu Keolahragaan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Arif Bulqini , M.Kes.

Tahun : 2019

Olahraga merupakan peranan pentin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak bisa di abaikan dan merupakan barometer untuk mendorong pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis yang meliputi keterampilan anak pengetahuan , penelusuran , penyayatan nilai-nilai (mental , sikap,emosional social dan spiritual ) yang bertujuan merangsang pertumbuh dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang , olahraga cabang sepaktakraw pada perkembangan nya mengalami kemajuan yang sangat pesat karena olahrag ini sangat digemari oleh banyak kalangan masyarakat luas. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis ketereampilan servis pada cabang olahraga sepaktakraw klub rotan emas untuk pemula kecamatan ketapang kabupaten sampang .

Populasi penelitian ini adalah pemain sepaktakraw pemula club rotan mas kecamatan ketapang dengan jumlah subjek yang diambil 6 atlit . metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengn mengolah data hasil observasi mengguanakn tekhnik analisi data kuantitatif .

Dari analisin penelitian pada pemain sepaktakraw pemula club rotan emas kecamatan ketapang , kabupaten sampang .hasil yang di peroleh total ketetapan servis keseluruhan atlet tersebut adalah nilai skor 25 lebih kecil dari nilai rujukan hasil tes keterampilan dan masuk katagori kurang sekali dalam tabel nilai rujukan hasil tes keterampilan servis pada tabel penilaian sepaktakraw.

Saran yang dapat peneliti berikan adalah bagi pelaku olahraga, ( pengurus, Pembina olahraga, peneliti olahraga dan atlet ) disarankan untuk menggunkan model / tipe latihan yang sesuai dengan kemampuan dan takaran. Terutama dalam mengoptimalkan tehnik keterampilan servis sehingga intensitas kegagalan lebih diminimalisir.

Kata kunci :Olahraga, sepaktakraw , teknik keterampilan servis

.

Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 29