INDIKATOR PERMAINAN BOLAVOLI TOP PUTRI INDONESIA 2018

  • AULIA DEBBY DWI SAFITRI
  • MACHFUD IRSYADA

Abstract

ABSTRAK

INDIKATOR PERMAINAN BOLAVOLI PUTRI TOP INDONESIA 2018

Nama : Aulia Debby Dwi Safitri

NIM : 15060474052

Program studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs.Mahfud Irsyada, M.Pd

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan indikator permainan bolavoli top putri Indonesia yang di ambil dari 4 tim putri yang masuk pada putaran final dan perebutan juara 3 dan 4 pada Livoli 2018 saat ini, adapun diantaranya yaitu, BANK JATIM Surabaya, TNI AU, TNI AL dan PGN POPSIVO Polwan.

Jenis peneliti ini penelitian kuantitatif Non eksperimen, dengan jenis penelitian deskriptif, dimana penelitian yang di lakukan untuk menggambarkan gejala fenomena atau peristiwa tertentu. Berdasarkan dari hasil penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui perkembangan permainan bolavoli khususnya tim putri Indonesia sendiri.

Dalam penelitian ini ada Sembilan indikator yang di teliti antara lain yaitu :

Durasi reli, bola terbang, kegagalan reli, satu kali serangan reli, satu kali serangan atau gagal reli, rata – rata kontak bola selama satu reli, struktur reli, keseimbangan menyerang dan bertahan, memenangkan reli dari servis sendiri.

Adapun hasil dari penelitian yang terkait pada ke Sembilan indikator yaitu, Indikator rata – rata durasi reli tim putri top Indonesia 6,86 detik. Indikator rata – rata durasi reli tanpa pseudo reli tim putri top Indonesia 7,16 detik. Indikator bola terbang dari durasi semua set tim putri top Indonesia 15,7%. Indikator bola terbang dari total durasi pertandingan tim putri top Indonesia 12,49%. Indikator kegagalan reli tim putri top Indonesia 21,44%. Indikator satu kali serangan reli tim putri top Indonesia 57,27%. Indikator satu kali serangan atau gagal dari semua reli tim putri top Indonesia 65,98%. Indikator rata-rata kontak bola selama satu reli tim putri top Indonesia 5,3. Indikator struktur reli meliputi tiga bagian yaitu, kegagalan reli 21%, satu kali serangan reli 45%, dua atau lebih serangan reli 34%. Indikator keseimbangan menyerang dan bertahan tim putri top Indonesia 1,41%. Indikator porsi kemenangan dari servis sendiri tim putri top Indonesia 38,94%.

Kata kunci : indikator permainan ,bolavoli, putri.

Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 15