INDIKATOR PERMAINAN BOLAVOLI TOP PUTRA INDONESIA 2018

  • MUFIDUN ANANG SAH
  • MACHFUD IRSYADA

Abstract

ABSTRAK

INDIKATOR PERMAINAN BOLAVOLI TOP PUTRA INDONESIA 2018

Nama : Mufidun Anang Sah

NIM : 15060474045

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Machfud Irsyada, M.Pd.

Dalam permainan bolavoli, ada beberapa indikator penting yang menentukan berhasil tidaknya permainan bolavoli. Faktor keberhasilan dalam bolavoli antara lain dipengaruhi oleh materi permainan, strategi bermain, dan komposisi pemain. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui kualitas dan perkembangan bolavoli Indonesia dari analisis sembilan indikator yang diambil dari 4 tim putra yang masuk pada putaran final dan juara 3-4 livoli divisi utama 2018.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, non eksperimen dengan metode deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Subyek penelitian berupa pertandingan final dan juara 3-4 pada livoli divisi utama 2018.

Indikator permainan bolavoli top putra indonesia : rata-rata durasi reli dengan kegagalan reli sebesar 5,07 detik. durasi reli tanpa tanpa reli sebesar 5,11 detik. Bola terbang dari total durasi set sebesar 16,74%. Sedangkan dari total durasi pertandingan sebesar 12,46%. Kegagalan reli sebesar 22,92%. Satukali serangan reli sebesar 71,06%. Satukali serangan yang berhasil atau gagal sebesar 77,55%. Struktur reli : kegagalan reli20%, satukali serangan reli 57%, dua atau lebih serangan reli 23%. Rata-rata kontak bola selama satu reli sebesar 4,2 sentuhan. Keseimbangan menyerang dan bertahan sebesar 2,29%. Memenangkan reli dari servis sendiri sebesar 30,47%.

Kesimpulan dari sembilan indikator tesebut bahwa permainan bolavoli Indonesia cenderung lebih cepat dengan satu kali perpindahan bola. Dalam permainan ini lebih sering terjadi satu kali serangan reli yang berhasil daripada kegagalan atau keberhasilan servis maupun dua atau lebih serangan atau perpindahan bola. karena tidak keseimbangan antara serangan dan pertahanan

Kata kunci : Indikator Permainan, Bolavoli, Putra.


Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 64