PROFIL KONDISI FISIK ATLET KARATE PERSIAPAN PORPROV KABUPATEN TUBAN TAHUN 2019

  • MUHAMMAD ALFIAN JUNIAR
  • WIJONO

Abstract

Karate adalah sistem pertahanan diri yang memanfaatkan keseluruhan tubuh manusia dengan cara bergerak dan berputar. Teknik bervariasi mulai dari meninju dengan kepalan tangan, siku, dan juga menendang. Seperti cabang olahraga lainnya, dalam cabang olahraga karate diperlukan tingkat kondisi fisik yang sangat baik. Selain mental, teknik, dan taktik kondisi fisik menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan prestasi atlet. Komponen kondisi fisik dominan yang diperlukan dalam cabang olahraga karate adalah kecepatan, daya ledak otot tungkai, daya tahan, kelentukan, dan kekuatan. Perkembangan prestasi pada cabang olahraga karate Jawa Timur sangat berkembang, salah satunya di Kabupaten Tuban.
Tujuan penelitian ini addalah uintuk mengetahui tingkat kondisi fisik atlet karate persiapan Porprov 2019 Kabupaten Tuban. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan p-enelitian populasi dengan sampel adalah atlet karate persiapan Porprov 2019 Kabupaten Tuban yang berjumlah 7 atlet.
Hasil penelitian Pada hasil tes Sprint 30 meter dapat diketahui bahwa kecepatan atlet karate persiapan Porprov Kabupaten Tuban yang masuk kategori “baik” sebesar 28%, kategori “cukup” sebesar 29%, dan kategori “kurang” sebesar 43%. Pada hasil tes Vertical Jump dapat diketahui bahwa daya ledak otot tungkai atlet karate persiapan Porprov Kabupaten Tuban yang masuk kategori “baik sekali” sebesar 14%, kategori “baik” sebesar 72%, dan kategori “cukup” sebesar 14%. Pada hasil tes Sip Up dapat diketahui bahwa daya ledak otot tungkai atlet karate persiapan Porprov Kabupaten Tuban yang masuk kategori “baik sekali” sebesar 100 %. Pada hasil tes Push Up dapat diketahui bahwa daya ledak otot tungkai atlet karate persiapan Porprov Kabupaten Tuban yang masuk kategori “baik sekali” sebesar 43%, dan kategori “baik” sebesar 57 %. Pada hasil tes Sit and Reach dapat diketahui bahwa daya ledak otot tungkai atlet karate persiapan Porprov Kabupaten Tuban yang masuk kategori “baik sekali” sebesar 83%, dan kategori “baik” sebesar 17%. Pada hasil tes MFT dapat diketahui bahwa daya tahan atlet karate persiapan Porprov Kabupaten Tuban yang masuk kategori “baik” sebesar 71%, dan kategori “cukup” sebesar 29%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes sprint 30 m, para atlet perlu meningkatkan latihannya, karena masih ada beberapa yang mendapat kategori kurang dan kurang sekali.

Kata kunci : Kondisi Fisik, Karate, Kabupaten Tuban
Published
2019-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 182