ANALISIS KETERAMPILAN BERMAIN (PENGHASIL POIN) TIM PUTRA SURABAYA BHAYANGKARA SAMATOR DI FINAL PROLIGA 2019

  • RAHMAT MISUDIN
  • MACHFUD IRSYADA

Abstract

Abstrak

Bolavoli adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua tim dengan setiap tim terdiri dari 6 orang pemain. Bolavoli tidak hanya di kenal sebagai olahraga prestasi, tetapi juga di kenal sebagai olahraga rekreasi. Menurut Irsyada (2000:13) tujuan bermain yang berawal dari tujuan yang bersifat rekreatif untuk mengisi waktu luang atau sebagai selingan setelah lelah bekerja, kemudian berkembang ke arah tujuan-tujuan tersebut, banyak orang berolahraga khususnya bermain bola untuk memelihara dan meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatan.

Penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan gejala, fenomena atau peristiwa tertentu. Metode penelitian ini bersifat analisis dokumen artinya penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam bentuk rekaman video. Dengan analisis ini peneliti bekerja secara obyektif dan sistematis untuk mendeskripsikan isi dokumen dalam hal ini rekaman video.

Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder penelitian ini berupa video yang diperoleh dari pihak lain diluar subyek penelitian. Pada penelitian ini peneliti melihat pertandingan final proliga Bolavoli putra tahun 2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah pertandingan final proliga Bolavoli putra tahun 2019 diperoleh dari dokumentasi berupa hasil pengambilan vidio pertandingan dari akun PBVSI_OFFICIAL dalam situs www.youtube.com.

Simpulan pada penelitian ini adalah Tim Surabaya Bhayangkara Samator selama pertandingan final Proliga 2019 mrlakukan serve sebanyak 97 kali, dan hasil yang sering diperoleh oleh tim Surabaya Bhayangkara Samator adalah situasi rally yaitu sebanyak 76 kali (78%), Tim Surabaya Bhayangkara Samator selama pertandingan final Proliga 2019 melakukan attack sebanyak 100 kali, dan hasil yang sering diperoleh oleh tim Surabaya Bhayangkara Samator adalah situasi point yaitu sebanyak 55 kali (55%), dan Tim Surabaya Bhayangkara Samator selama pertandingan final Proliga 2019 mrlakukan block sebanyak 97 kali, dan hasil yang sering diperoleh oleh tim Surabaya Bhayangkara Samator adalah situasi fault yaitu sebanyak 60 kali (62%).

Kata Kunci : Bolavoli, Penghasil poin, Attack, Serve dan Block






Published
2019-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 117