TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERMAIN FUTSAL TIM FUTSAL SMA NEGERI 9 SURABAYA

  • ABIL MAHDI ALMUKHDLOR
  • ARIF BULQINI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh baiknya prestasi yang diperoleh tim futsal SMA Negeri 9 Surabaya yang secara konsisten juga menjalankan latihan secara teratur dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan bermain futsal tim futsal SMA Negeri 9 Surabaya. Keterampilan bermain futsal meliputi passing, controlling, dribbling, dan shooting.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan dan menghubungkan dengan variabel lainnya. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan teknik dasar bermain futsal. Subyek dalam penelitian ini adalah tim futsal SMA Negeri 9 Surabaya yang berjumlah 12 pemain. Metode yang digunakan adalah survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Pada penelitian ini, untuk Instrumen menggunakan “Tes Futsal FIK Jogja” dengan validitas sebesar 0,67, reliabilitas 0,69, dan objektivitas 0,54.

Hasil penelitian menunjukkan siswa yang masuk kategori ”sangat baik” sebanyak 0 siswa (0%), kategori “baik” sebanyak 5 siswa (41,66%), kategori “cukup” sebanyak 3 siswa (25%), kategori “kurang” sebanyak 3 siswa (25%), kategori “kurang sekali” sebanyak 1 siswa (8,33%). Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat keterampilan teknik dasar bermain futsal tim futsal di SMA Negeri 9 Surabaya yang meliputi dribble, passing, control dan shooting termasuk dalam kategori Baik. Kategori ini tidak dapat digeneralisasikan, akan tetapi hanya berlaku untuk kelompok yang diteliti saja.

Kata kunci : Futsal, Keterampilan Teknik Dasar Bermain

Futsal.





Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 342