FAKTOR-FAKTOR PENCAPAIAN PERSELA LAMONGAN KONSISTEN BERTAHAN DI LEVEL TERTINGGI KOMPETISI SEPAKBOLA INDONESIA

  • MOH. RIZAL ARIFIN
  • MOHAMMAD FARUK

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Faktor-Faktor Persela Lamongan Konsisten Bertahan Di Level Tertinggi Kompetisi Sepakbola Indonesia sejak promosi ke Divisi Utama Tahun 2003 dan pada saat ini persaingan tim semakin ketat. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi dan wawancara yang diperoleh dari manajemen, pelatih, pemain, dan supporter kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.

Manajemen adalah hal non tekhnis yang merupakan kunci utama dalam pengelolaan tim sepakbola. Karena yang mengatur seluruh aspek dalam suatu tim. Mulai dari pendanaan, kerjasama, rekruitmen pemain dan pelatih, penyediaan sarana dan prasarana, hingga kesejahteraan pemain dan pelatih. Sehingga dari hal tersebut terjadi saling berkaitan dalam tercapainya prestasi dalam suatu tim sepakbola profesional.

Dalam penelitian ini akan dibahas faktor-faktor utama yang mendukung tercapainya prestasi sepakbola profesional di tim Persela Lamongan. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwasanya faktor yang paling dominan adalah manajemen yang solid serta dukungan supporter yang sangat fanatik. Dari manajemen yang solid akan berdampak pada seluruh aspek yang lainnya mulai dari pengelolaan dana, keharmonisan tim, perekrutan pemain dan pelatih yang tepat, serta kerjasama dengan pihak luar.

Kata kunci : Pencapaian Tim, Manajemen, Persela Lamongan.

Published
2019-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 172