ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN DASAR BERMAIN BOLABASKET KU-16 REBORN TEAM DI SIDOARJO

  • ARINA PUTRI FEBRIANE

Abstract

Pemain Putra KU-16 Reborn Team mempunyai fisik yang bagus, sedangkan di segi teknik bermain bolabasket belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain bolabasket KU-16 Putra Reborn Team di Sidoarjo.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 putra yang mengikuti basket di Reborn. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling KU-16 sebanyak 10 putra. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dari Johson Basket Ball dengan validitas tes 0,79 dan reliabilitas tes 0,80, tes yang digunakan ada tiga item yaitu shooting, dribbling, passsing. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini secara keseluruhan tingkat keterampilan dasar bermain bolabasket KU-16 Putra Reborn Team dengan frekuensi berkategori “baik sekali” 4 orang (40 % ), dalam kategori baik 6 orang (60 %), dalam kategori cukup 3 orang ( 30%), dalam kategori kurang 1 orang (1%), dan dalam kategori kurang sekali tidak ada.

Kata kunci : keterampilan dasar, bermain bolabasket, Reborn

Published
2019-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 326