MANAJEMEN FAKTOR PERSEBAYA SURABAYA KEMBALI KE LIGA INDONESIA DAN MENJADI TIM BESAR DI INDONESIA

  • MOH. AMRULLAH ALBAITOMI
  • IRMANTARA SUBAGIO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Manajemen Faktor Persebaya Surabaya Kembali Ke Liga Indonesia Dan Menjadi Tim Besar. Sejak tahun 2017 Persebaya mulai kembali ke Liga Indonesia dan dalam 1 tahun Persebaya menjadi juara dan mulai naik kasta ke Liga 1. Sekarang ini Persebaya mulai menunjukan bahwa mereka adalah tim dengan sejarah yang bagus dan salah satu tim yang berpengaruh bagi persepakbolaan nasional. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi dan wawancara yang diperoleh yang diperoleh dari manajemen, pelatih , pemain dan supporter kemudian data dianalisis dengan motede deskriptif.

Manajemen adalah hal non teknis yang merupakan kunci utama dalam pengelolaan tim sepak bola. Karena yang mengatur semua aspek dalam tim, mulai dari pendanaan, kerja sama,fasilitas penyediaan sarana dan pra sarana untuk progam latihan dan sebagainya serta kesejahteraan pemain dan pelatih. Sehingga hal tersebut terjadi saling berkaitan untuk mencapai sebuah prestasi dalam tim sepak bola professional tersebut.

Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai manajemen faktor yang mengakibatkan Persebaya Surabaya bisa kembali menjadi tim professional yang besar sampai saat ini. Dari hasill penelitian menyebutkan bahwasannya faktor yang paling dominan adalah manajemen yang solid, mulai dalam segi perencanaan dan organisasi, fasilitas yang diberikan kepada pemain dan pelatih membuat mereka termotivasi untuk meraih prestasi serta dukungan dari supporter yang sangat fanatik. Dari manajemen yang solid akan berdampak baik kepada seluruhnya mulai dari perencanaan, organisasi, keharmonisan tim, sarana dan prasana yang tercukupi dan kerja sama dengan pihak luar.

Kata kunci: Pencapaian tim, Manajemen, Persebaya, Prestasi






Published
2019-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 138