Manajemen Kualitas Latihan pada FIFA Badminton Club Sidoarjo

  • VIOLA CAHYANINGRUM
  • AMROZI KHAMIDI

Abstract

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia, dan olahraga ini dapat dikategorikan sebagai olahraga prestasi. Untuk mencapai prestasi yang tinggi selain faktor manajemen ada faktor lain yang ikut menentukan keberhasilan atlet dalam mencapai prestasi yaitu faktor kualitas latihan yang meliputi fasilitas dan peralatan, kompetisi/pertandingan, pelatih, dan penerapan ilmu olahraga.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran manajemen melihat kualitas latihan yang ada pada FIFA Badminton Club Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan evaluasi bagi pembinaan klub bulutangkis yang ada di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Sidoarjo.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya meliputi pengurus, pelatih, dan atlet yang terlibat tentang masalah penelitian yang sedang diteliti.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas latihan pada FIFA Badminton Club sudah baik, meskipun dalam penerapan sport science belum maksimal karena terkendala biaya. Jika dilihat dari aspek pelatih, pelatih di FIFA Badminton Club berjumlah 6 orang dan semua pelatih sudah memiliki lisensi kepelatihan bulu tangkis BWF Level 1, dan memiliki pengalaman menjadi mantan atlet serta pengalaman melatih sebelumnya. Dari aspek prestasi yang dilihat dari hasil pertandingan, FIFA Badminton Club telah meraih banyak prestasi di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional, ada rapor yang digunakan pelatih untuk evaluasi program latihan, evaluasi pertandingan dan evaluasi secara keseluruhan. Dari aspek ilmu olahraga, FIFA Badminton Club melakukan tes dan pengukuran di awal tahun untuk menentukan pembuatan program latihan selain itu dalam penanganan cidera FIFA Badminton Club telah bekerja sama dengan fisioterapis, serta dari aspek sarana prasarana yang sudah baik meliputi GOR yang memiliki lapangan karpet, alat fitness, dan asrama milik sendiri, serta FIFA Badminton Club memiliki sponsor yang memfasilitasi peralatan olahraga seperti raket, baju olahraga, dan sepatu, yang akan menunjang performa atlet pada saat latihan maupun pertandingan.

Kata kunci : Manajemen, kualitas latihan, FIFA Badminton Club Sidoarjo

Published
2019-09-12
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 178