EVALUASI KONDISI FISIK TEAM WUSHU SANDA PUTRA PUSLATDA JAWA TIMUR

  • AHMAD FEBRI NURWINDANI
  • IRMANTARA SUBAGIO

Abstract

Wushu Sanda merupakan olahraga prestasi yang dilakukan oleh dua orang yang saling berhadapan dengan teknik memukul, menendang dan membanting lawan dengan berbeda kostum dalam bertanding menggunakan pengaman badan body protektor. Tercapainya pertasi dalam olahraga wushu sanda membutuhkan beberapa faktor diantaranya adalah fisik, teknik, taktik, mental. Dalam penelitian ini mengkaji tentang evaluasi kondisi fisik team wushu sanda puslatda jawa timur.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi fisik atlet wushu sanda putra puslatda jawa timur untuk mempersiapkan pra pon pada bulan juni 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 3 atlet wushu sanda putra puslatda jawa timur.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada atlet wushu sanda putra puslatda jawa timur adalah tes daya tahan paru jantung menggunakan tes mft dengan rata-rata 11,6 dan dikategorikan baik sekali, tes kecepatan lari 20 meter dengan rata-rata 3.13 detik dan dikategorikan baik sekali, teskekuatan lengan menggunakan pull up dengan rata-rata 14.6 dan dikategorikan baik, tes kecepatan reaksi menggunakan average reaction speed dengan rata-rata 0.23 detik dengan kategori baik, tes kelentukan menggunakan sit and reach dengan rata-rata 16 dengan kategori kurang baik.
Published
2019-10-22
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 210