SURVEI MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA PABBSI DAN PASI DI KONI KOTA KEDIRI

  • MUHAMAD FAIZAL BAHRI
  • IRMANTARA SUBAGIO

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembinaan prestasi cabang olahraga yang ada di Koni Kota Kediri yang saat itu mengalami prestasi yang baik. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan survei yang diperoleh dari manajemen, pelatih, dan atlet kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif.
Manajemen adalah hal non teknis yang sangat penting dalam yang sangat penting dalam menjalankan suatu organisasi dalam Koni. Karena, sebagai pengatur semua yang ada dalam suatu cabang olahraga yang dinaungi oleh Koni Kota Kediri, anatar lain : pendanaan dan penyediaan sarana pra sarana. Sehingga, dari hal tersebut terjadi hal yang saling berkaitan dalam tercapainya suatu prestasi dalam cabang olahraga.
Dalam penelitian ini akan dibahas suatu proses yang mengakibatkan suatu prestasi cabang olahraga di Koni Kota Kediri. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwasanya faktor yang paling dominan adalah keseriusan manajemen dalam memonev cabang olahraga. Dalam hal pendanaan manajemen juga mepermudah. Rutinitas latihan setiap hari juga menjadi nilai tambahan. Sehingga dari hal tersebut berdampak pada semua aspek yang lainnya antara lain : tercapainya kesejahteraan atlet, keharmonisan bagi semua dan selalu tercapai target yang memuaskan diajang PORPROV Jawa Timur.


Kata Kunci : Prestasi, Manajemen, Koni Kota Kediri



Abstract


The aim of this studyis to know the developmental-achievement managemen at Koni Kediri which experienced great achievement at that time. Insruments use in this study were interview and survey from management, coach, and athlete. Then descriptive method is used for analyzing the data obtained.
Management is non-technical things which is so important for conducting Koni’s coordination. It is all because management has a function as a regulator of all sports shaded by Koni Kediri such as providing and funding for utilities, so that there is a correlation between achievement and managemen in sport.
In this research, a process will be discussed which could make achievements in branch of sports Koni Kediri. The result showed that the mai factor is seriousness in management sport monitoring. Moreover, management can make routine-daily exercise become additional valau in case of funding. So, it has good impact on other aspects like prosperety, harmony, and achievement of athletes at East Java PORPROV event.


Keywords : Achievement, Management, Koni Kediri
Published
2019-12-27
Section
Articles
Abstract Views: 263
PDF Downloads: 321