Perbandingan Keterampilan Bermain Pemain Asing Dan Pemain Lokal Putra Pada Final Four Proliga 2019

  • AHMAD IBAD SAQOFI
  • MACHFUD IRSYADA

Abstract

Keterapilan bermain merupakan suatu hal rangkaian yang penting yang harus dikuasi setiap individu pemain bolavoli, keterampilan bermain itu sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan gerak secara efektif dan efisien dalam sebuah permainan. Ada beberapa jenis keterampilan dalam permainan bolavoli yaitu service, block, attack, receive, dig, dan toss. Selain itu kejuaraan tingkat elit di Indonesia yaitu Proliga yang di perkuat oleh pemain lokal dan pemain asing.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan bermain pemain asing putra seperti apa dan pemain lokal putra seperti apa yang bermain pada final four Proliga 2019 pada putaran kedua yang di selelnggarakan di Gor Ken Arok Malang Jawa Timur Indonesia. metode yang digunakan dalam penelitan in adalah kuantitatif non eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah tim putra yang masuk pada final four Proliga 2019.

Penelitian ini dilakukan selama 1 hari dengan melihat video pertandingan final four Proliga 2019. Hasil penelitian ini menggunakan bantuan rumus efektivitas dan presentase. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya perbandingan keterampilan bermain antara pemain asing dan pemain lokal dari segi keterampilan service, block, attack, receive, dig, dan toss.

Kesimpulan dari keseluruhan menunjukan adanya perbandingan keterampilan bermain antara pemain lokal dan pemain asing dari segi service, block, attack, receive, dig, dan toss.

Published
2020-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 20