PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX PESERTA EKSTRAKULIKULER FUTSAL SMP LABSCHOOL UNESA

  • ERIKA TIRTA KUSUMA
  • MOCHAMAD PURNOMO

Abstract

Untuk meningkatkan olahraga prestasi pemain futsal membutuhkan beberapa faktor , yaitu dari teknik, taktik dan mental di perlukan juga kondisi fisik yang bagus. Kebugaran sangat diperlukan dalam permainan futsal karena memiliki tujuan agar pemain dapat bertahan dan bermain dalam waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan. Kebugaran tidak lepas kaitannya dengan VO2max yang merupakan kualitas daya tahan paru jantung yaitu banyaknya oksigen maksimum yang dapat dikonsumsi dan diproses oleh tubuh manusia

Dalam permainan futsal, daya tahan aerobik yang baik atau VO2 Max yang tinggi sangat diprioritaskan. Apabila kedua tim dengan kemampuan teknik dan taktik yang hampir sama, maka tim yang kalah atau menang ditentukan oleh tingkat kondisi fisik dan mental para pemain. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa daya tahan paru aerobik atau VO2 Max menjadi salah satu faktor penentu kemenangan dalam permainan futsal.

Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui pengaruh latihanasmall side games terhadap peningkatan VO2max. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pre dan post test desain yang menggunakan dua puluh subjek penelitian yang menjalani treatment selama enam minggu.

Analisisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah mean, stadar deviasi, presentase, nilai minimum, nilai maksimum, uji normalitas, dan uji pengaruh menggunakan paired t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan small side games terhadap peningkatan VO2max ( p < 0,05 ).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan small sided games terhadap peningkatan VO2max.

Kata kunci : Futsal, Kondisi fisik, Small side games, VO2max

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 179