Analisis Block Terhadap Kemenangan Sebuah Tim Pada Final Four

  • MOCH ALJOEN
  • MACHFUD IRSYADA

Abstract

Bolavoli olahraga yang memiliki kemampuan keterampilan yang cukup banyak untuk dikuasai. Terdapat 4 keterampilan yaitu service, passing, spike, dan block, pemain harus menguasai semuanya dengan baik. Keterampilan ini termasuk kategori bertahan namun bisa juga untuk serangan dengan membendung pukulan lawan yanghasil bolanya kembali kelawan dan tidak bisa dikembalikan. Pada penelitian ini akan meneliti salah satu keterampilan yaitu block dan mencari tahu kontribusinya pada waktu pertandingan.

Pada penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif dengan sumber berasal dari analisis video dengan cara statistik. Terdapat beberapa poin yang diamati dalam pengambilan data yaitu keterampilan block secara keseluruhan, model serangan lawan, posisi block, jenis block, langkah block, arah serangan lawan, block point, block rally, block fault. Teknik analisis data menggunkan penjumlahan lalu mencari presentase pada setiap poin.

Hasil menunjukan yang berbeda-beda pada setiap pertandingan, dimana tim yang block menghasilkan poin bisa dikatakan akan menjadi pemenang begitu juga tim yang banyak mengalami block gagal tidak bisa dikatakan akan kalah. Dilihat dari hasil 4 tim yang bertanding dengan jumlah pertandingan yang diamati sebanyak 12, banyak hasil yang ditemukan dimana terdapat tim yang memiliki point block yang banyak dari pada lawannya dan menjadi pemenang namun juga ada beberapa tim yang kalah. Terdapat 8 atau 66,67% pertandingan dimana tim yang poin block lebih banyak dari pada lawannya menjadi pemenang dalam pertandingan, sedangkan 4 atau 33,33% pertandingan sisanya mengalami kekalahan walaupun tim tersebut memiliki poin block lebih banyak dari pada tim lawan. kemenangan tidak dapat dilihat dari poin keberhasilan block saja namun tingkat kegagalan yang dimiliki harus sedikit agar lebih efektif dan keterampilan yang merata pada setiap teknik yang dimiliki oleh pemain bolavoli.

Dari semua pertandingan yang dianalisis dapat disimpulkan keterampilan block memiliki fungsi bertahan yang bisa juga menjadi serangna yang menghasilkan angka untuk tim. tim yang baik tidak hanya memiliki serangna ynag baik saja namun juga pertahanan salah satunya adalah block maka dari itu pelatih harus memperhatikan gimana pertahan dari timnya tidak hanya serangan saja.

Kata Kunci: Keterampilan Block, Bolavoli, Point, Rally, Fault, Final four PROLIGA 2019

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 206