Pengaruh Latihan Punch Resistance Band dan Punch Dumbell Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Lengan

  • FANDI PURWADINATA
  • WIJONO

Abstract

Pada cabang olahraga bela diri, daya ledak otot lengan berperan penting untuk melontarkan pukulan, oleh sebab itu daya ledak otot lengan adalah komponen yang sangat diperlukan untuk menunjang pukulan atlet agar menghasilkan pukulan yang eksplosif. Untuk mendapatkan daya ledak yang bagus, seorang atlet harus melakukan latihan. Jenis latihan yang tepat digunakan adalah latihan weight training atau dapat juga disebut dengan resistance training yang memiliki tujuan memberian rangsangan gerak pada tubuh.

Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan antara latihan punch resistance band dan latihan punch dumbell terhadap peningkatan daya ledak otot lengan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan desain penelitian berupa two ekperimental groups design. Analisis data yang digunakan adalah mean, standart deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji independent samples t-test.

Hasil dari penelitian ini adalah hasil uji paired sample t-test pada kelompok punch resistance band sebesar 0,001 (P<0,05), hasil uji paired sample t-test pada kelompok puch dumbell sebesar 0,003 (P<0,05), dan hasil uji independent samples t-test pada kelompok resistance band dan punch dumbell adalah 0,2 (P>0,05).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan resistance band terhadap peningkatan daya ledak otot lengan, terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan punch dumbell terhadap peningkatan daya ledak otot lengan, dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan resistance band dan punch dumbell terhadap peningkatan daya ledak otot lengan.

Kata Kunci: Daya ledak, resistance band, otot lengan, punch dumbell

Published
2020-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 227