UNFORCED ERROR DAN ERROR ATLET PB. FIFA SIDOARJO KATEGORI TUNGGAL TARUNA PUTRA SISTEM SETENGAH KOMPETISI

  • ILHAM HAKIKY
  • OCE WIRIAWAN

Abstract

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dilakukan oleh manusia sejak lama untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani. Bulutangkis merupakan permainan yang bersifat individual yang dapat dilakukan dengan cara satu lawan satu orang atau dua orang melawan dua orang. Didalam Olahraga bulutangkis terdapat beberapa teknik pukulan dasar seperti, Serve, Lob, dropshot, smash, drive, netting, bagi atlet pemula dasar teknik tersebut wajib diketahui dan dikusai pada saat melakukan latihan agar mendapatkan hasil yang maksimal pada saat pertandingan.Dalam dunia bulutangkis ada dua kesalahan yang di dapat di timbulkan yang dapat menyebabkan kerugian dalam pertandingan yaitu kesalahan yang di timbulkan atas dasar pemain itu sendiri (Unforced error) dan kesalahan yang di timbulkan atas dasar disebabkan oleh tekanan lawan (Error).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase unforced error dan error yang dilakukan oleh atlet tunggal taruna putra PB. FIFA Sidoarjo yang memenangkan pertandingan dan yang mengalami kekalahan kategori tunggal taruna putra.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video langsung dengan menggunakan sistem babak setengah kompetisi di Gor Fifa Sidoarjo.

Dari penelitian tersebut menghasilkan data jenis pukulan net forehand 33%, net backhand 20 %, Dropshot forehand 13%, dropshot backhand 6%, smash forehand 6%, serve backhand 4%, lob backhand 4%, lob forehand 4%, drive forehand 4%, drive backhand 3%, serve forehand 2% smash backhand 1%. Sementara pada jenis pukulan Error forehand dan backhand paling banyak dilakukan atau banyak dominan mati pada area net backhand 19%, net forehand 16%, smash backhand 14%, lob forehand 13%, dropshot forehand 9 %, smash forehand 9%, lob backhand 5%, dropshot backhand 5%, drive backhand 5%, drive forehand 3%, serve backhand 1%, serve forehand 0%.

Published
2020-02-19
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 24