TINGKAT PEMAHAMAN ATLET PENCAK SILAT TENTANG PERATURAN PERTANDINGAN KATEGORI TANDING (STUDI PADA ATLET PENCAK SILAT KATEGORI TANDING PPLP JAWA TIMUR)

  • MUNIKA RISNA WATI
  • ACHMAD RIZANUL WAHYUDI

Abstract

ABSTRAK

TINGKAT PEMAHAMAN ATLET PENCAK SILAT TENTANG PERATURAN PERTANDINGAN KATEGORI TANDING (STUDI PADA ATLET PENCAK SILAT KATEGORI TANDING PPLP JAWA TIMUR)

Nama : Munika Risna Wati

NIM : 16060474116

Program studi : S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Angkatan : 2016

Pembimbing : Achmad Rizanul Wahyudi, S.Pd., M.Pd.

Pencak silat sadalah suatu cabang olahraga prestasi yang membutuhkan kemenangan sebagai bukti pencapaian maksimal atlet. Sebagai olahraga prestasi, pertandingan pencak silat diatur dengan peraturan pertandingan. Pemahaman tentang peraturan pertandingan ini sangat dibutuhkan oleh seorang atlet, hal ini diberikan kepada atlet agar mereka lebih siap mental dan skill dalam menghadapi suatu pertandingan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat pemahaman atlet pencak silat PPLP Jawa Timur terhadap peraturan pertandingan pada kategori tanding.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat gambaran secara sistematis mengenai fakta-fakta tentang tingkat pemahaman atlet terhadap peraturan pertandingan. Instumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman atlet adalah kuisioner yang telah divalidasi oleh tiga dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah mean, standar deviasi, nilai minimum, nilai maximum, frekuensi, dan presentase.

Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata tingkat pemahaman atlet PPLP Jawa Timur terhadap peraturan pertandingan adalah 66,01 yang mengartikan bahwa pada skor tersebut masuk dalam kategori yang tinggi. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa persentase kategori pada tingkat pemahaman atlet PPLP Jawa Timur terhadap peraturan pertandingan adalah sebanyak 12,5% subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman pada peraturan pertandingan dengan kategori yang sangat tinggi. Sebanyak 75% subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman pada peraturan pertandingan dengan kategori yang tinggi. Sebanyak 12,5% subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman pada peraturan pertandingan dengan kategori yang rendah.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata tingkat pemahaman atlet PPLP Jawa Timur masuk dalam kategori yang tinggi. Untuk dapat meningkatkan pemahaman atlet pencak silat terhadap peraturan pertandingan, dibutuhkannya peran pelatih untuk senantiasa mendidik dan mengajarkan atletnya untuk memahami peraturan pertandingan yang berlaku.

Kata kunci : Atlet, Pemahaman, Peraturan Pertandingan, Pencak Silat, Prestasi

Published
2020-04-03
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 24