SKILL ACQUISITION MODEL LATIHAN PASSING (MENGOPER) BOLA BASKET MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI

  • LINDA SEPTANTI PUTRI
  • AGUS HARIYANTO

Abstract

ABSTRAKMetode pembelajaran atau latihan yang saat ini digunakan untuk melatih atlit oleh raga dalam hal ini olah raga bola basket dirasakan kurang efektif, sehingga butuh terobosan baru metode pembelajaran atau latihan dalam bentuk animasi 3D, sehingga para calon atlit atau anak didik lebih mudah dalam mempelajari pelajaran yang di berikan.Penelitian ini termasuk dalam model research and development (R&D). Pada penelitian ini menggunakan produk yang dikembangkan berupa pembelajaran audio visual berbentuk video animasi model latihan passing bola basket melalui media tiga dimensi (3D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu wawancara, angket dan observasi. Subjek penelitian menggunakan 36 siswa dari SMAN 11 Surabaraya.Setelah dilakukannya penelitian di lapangan menujukkan bahwa persepsi siswa terhadap media tiga dimensi pembelajaran passing bola basket menunjukkan sebanyak 25 siswa memiliki persepsi yang masuk dalam kategori sangat baik. Pada kategori tersebut siswa memiliki rentang skor pengisian angket sebesar 81-100. Sebanyak 11 siswa memiliki persepsi yang masuk dalam kategori baik. Pada kategori tersebut siswa memiliki rentang skor pengisian angket sebesar 61-80.Dari fakta yang telah ditemukan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran yang diberikan menunjukkan perubahan positif yang signifikan berupa memudahkan siswa dalam memahami teknik passing bola basket.Kata Kunci : Media tiga dimensi, Model latihan passing bola basket, pengembangan.

ABSTRACT
Learning or training methods currently used to train athletes in sports, in this case basketball sports are felt to be less effective, so new breakthroughs are needed in learning methods or exercises in the form of 3D animation, so that prospective athletes or students find it easier to learn lessons that are given. This research is included in the research and development (R&D) model. In this study, the product developed in the form of audio-visual learning in the form of animated video models of basketball passing exercises through three-dimensional (3D) media. Data collection techniques in this study used three instruments, namely interviews, questionnaires and observation. Research subjects used 36 students from SMAN 11 Surabaraya. After doing research in the field, it showed that students perceptions of the three-dimensional learning media passing basketball showed that as many as 25 students had perceptions that were included in the excellent category. In this category students have aquestionnaire filling score range of 81-100. A total of 11 students have perceptions that fall into either category. In this category students have a questionnaire filling score range of 61-80. From the facts that have been found, it can be concluded that the given learning media shows significant positive changes in the form of facilitating students in understanding basketball passing techniques.Keywords: Three-dimensional media, Basketball passing practice model, development.
Published
2020-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 19