ANALISIS PERTANDINGAN BULUTANGKIS ANTAR MAHASISWA (STUDI PADA PERTANDINGAN BULUTANGKIS FAKULTAS ILMU OLAHRAGA DALAM TURNAMEN DIES NATALIS UNESA KE-55 TAHUN 2019)

  • ALVIN ADAM BASTIAN
  • OCE WIRIAWAN

Abstract

ABSTRAK

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosentase bagaimana cara pemain melakukan teknik pukulan yang digunakan dalam pertandingan, melakukan teknik pukulan menghasilkan point, melakukan unforced error dan error dan pada pertandingan setengah kompetisi bulutangkis beregu Fakultas Ilmu Olahraga dalam turnamen Dies Natalis Unesa ke-55 tahun 2019. Pada kategori beregu ganda putra dan ganda campuran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif analisis. Hasil yang didapatkan dari analisis video yaitu Prosentase teknik pukulan yang digunakan pada pertandingan yaitu dari short service 24%, dan drive 17%. Teknik pukulan yang memiliki tingkat keberhasilan tertinggi menghasilkan point dari smash sebanyak 54% dan drive 14%. Unforced Error tertinggi pada teknik drive 12% dan Error tertinggi pada teknik smash 21%.

Kata Kunci : Analisis, teknik pukulan yang digunakan, teknik pukulan menghasilkan point, unforced error dan error pukulan, Bulutangkis


Published
2020-06-12
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 88