Pengaruh Pemberian Air Kelapa dan Air Gula Merah Terhadap Status Dehidrasi Pemain Futsal

  • Muhammad Syahri Ramadhan
  • RAYMOND IVANO AVANDI

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya, seseorang yang melaksanakan aktivitas olaharaga akan mengalami perubahan status hidrasi yang diakibatkan oleh respon fisiolgis tubuh untuk mempertahankan homeostasis. Agar status hidrasi tetap terjaga, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi minuman yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian air kelapa dan air gula merah terhadap status dehidrasi pemain futsal.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan subjek penelitian sebanyak 18 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok yang diberikan perlakuan berbeda-beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah mean, standart deviasi, frekuensi, persentase, uji normalitas, paired sample t-test, dan anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada kelompok yang diberikan minuman air kelapa muda terhadap status hidrasi sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas. Tidak terdapat perubahan yang signifikan pada kelompok yang diberikan minuman air gula merah terhadap status hidrasi sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas. Tidak terdapat perubahan yang signifikan pada kelompok yang diberikan minuman air mineral terhadap status hidrasi sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas.
Simpulan dari penelitian ini adalah kelompok yang diberikan perlakukan dengan mengonsumsi air kelapa muda lebih efektif dalam mempertahankan status hidrasi sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas olahraga.
Published
2020-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 611
PDF Downloads: 2165