Evaluasi Index Overall Demand Tim Atlet Bolavoli Putra Remaja Klub Bina Bolavoli Krian

  • RAHMAD SETIAWAN
  • MUHAMMAD

Abstract

EVALUASI INDEX OVERALL DEMAND TIM ATLET BOLAVOLI PUTRA REMAJA KLUB BINA BOLAVOLI KRIAN

Nama : Rahmad Setiawan

NIM : 15060474099

Program Studi : Sarjana-1

Jurusan : Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Fakultas : Ilmu Olahraga

Universitas : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Or. Muhammad, M. Pd.

Bina Bolavoli Krian merupakan sebuah tempat pembinaan atau klub bolavoli yang sering disebut dengan BBV Krian. Klub yang dipimpin oleh Ibarsyah Djanu Tjahjono ini, pada Piala KONI Surabaya tahun 2018, ke empat timnya lolos hingga di babak final. Salah satunya tim putra remaja. Namun tim putra remaja hanya mendapatkan juara 2 setelah dikalahkan oleh klub dari Nanggala dengan skor 2-3. Tentu perlu adanya evaluasi dari beberapa faktor salah satunya yaitu kualitas latihan yang disusun melalui program latihan.

Program latihan yang dibuat harus berdasarkan dengan kemampuan kondisi fisik atletnya. Karena kondisi fisik merupakan suatu fondasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan teknik, taktik, maupun mental. Oleh sebab itu sebaiknya pelatih harus mengetahui kondisi fisik atletya sebelum menyusun program latihan. Selain merencanakan program latihan yang mencakup prinsip-prinsip latihan dan variabel di dalamnya. Menghitung kebutuhan latihan atlet oleh pelatih sangat diperlukan dalam sebuah proses latihan, dengan metode yang disebut dengan Index Overall Demand atau kebutuhan keseluruhan latihan, agar atlet tidak mengalami overtraining atau stagnan pada saat melaksanakan latihan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rata-rata kualitas latihan (index overall demand) tim atlet bolavoli putra remaja klub Bina Bolavoli Krian. Pada penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif dengan sumber melalui pengamatan pada saat pengambilan data di lapangan. Alat instrumen dalam penelitian ini yaitu, ATK (alat tulis kantor), laptop, stopwatch, dan polar team. Pengukuran yang dilakukan yaitu untuk mengetahui volume, intensitas, dan densitas (Index Overall Demand). Teknik analisi data menggunakan mean dan dimasukkan dalam standart deviasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di hari pertama rata-rata IOD nya adalah -52.70, di hari kedua adalah -71.05, di hari ketiga adalah -69.52 . Jika kita rata-rata hasil IOD dari ketiga hari tersebut, maka hasilnya -64,42. Dan hasil IOD tersebut masuk dalam kategori kurang sekali.

Kata Kunci: Index Overall Demand, Bolavoli

Published
2020-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 75