ANALISIS STATISTIK TIM VAMOS MATARAM TAHUN 2016/2017 (Studi Kasus Pertandingan Vamos Mataram vs Bintang Timur Surabaya dan Vamos Mataram vs Permata Indah Manokwari)

  • RIZAL ZUHRI PRADANA
  • MOHAMMAD FARUK

Abstract

ABSTRAK

Prestasi atlet dapat diraih dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu latihan-latihan dasar. Salah satu faktor yang perlu dikaji dalam futsal adalah dasar-dasar dari permainan futsal itu sendiri. Dasar-dasar futsal meliputi shooting, passing, ball possesion, intercept, 1on1 offense dan 1on1 defense. Penilaian dikatakan berhasil apabila pemain sukses melakukan shooting, passing, ball possesion, intercept, 1on1 offense dan 1on1 defense yang merupakan salah satu syarat keberhasilan untuk bermain futsal.

Analisis ukuran shooting, passing, ball possesion, intercept, 1on1 offense dan 1on1 defense sangat berguna pada kemampuan individu permainan futsal karena akan berpengaruh terhadap tingkat performa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan permainan individu dari pemain tim Vamos Mataram.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis, dengan menggunakan metode observasi menganalisis data dengan menyajikan fakta secara sistematik. teknik pengambilan sampel adalah semua pemain yang bermain pada pertandingan tersebut,.

Hasil penelitian di dapatkan dalam ukuran sukses dan tidak dalam hal melakukan shooting, passing, ball possesion, intercept, 1on1 offense dan 1on1 defense. Penelitian ini memiliki peranan penting dalam mengarung sebuah kompetisi layaknya Pro Futsal League karena akan berpengaruh terhadap performa tim Vamos Mataram itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini para pemain tim Vamos Mataram memiliki shooting on/off 50%:50% , passing on/off 87,71%:12,29%, ball possesion dengan rata-rata per pertandingan 42%, intercept dengan rata-rata per pertandingan 49,59%, 1on1 offense win/lose 32,35%:67,65%, dan 1on1 defense win/lose 70%:30%.

Disarankan bagi penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan kajian untuk melakukan penelitian yang sama tentang statistik dalam olahraga futsal.

 

Kata kunci: Shooting, Passing, Ball Possession, Intercept, 1on1 Offense, 1on1 Deffense, dan Tim Vamos Mataram.

Published
2020-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 51