ANALISIS KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI SURABAYA BHAYANGKARA SAMATOR DI GRANDFINAL PROLIGA 2019 DAN LIVOLI 2019

  • MUCHTAR ALFIAN PRISNANDA
  • MUHAMMAD

Abstract

Olahraga salah satu kegiatan yang dibutuhkan semua lapisan masyarakat untuk kebutuhan gerak mereka guna menunjang stamina dan kesehatan. Tujuan dari olahtraga adalah otomatisasi teknik yang benar, suatu proses yang membutuhkan banyak pengulangan. Bolavoli adalah suatu cabang olahraga beregu, dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu menempati petak lapangan permainan yang dibatasi jaring atau net . Dalam keberhasilan bermain bolavoli ada beberapa teknik yang harus dikuasai yaitu service, receive, attack, block, toss, dan dig, dengan tambahan latihan yang konsisten dan strategi permainan yang apik.
Dalam penelitian ini mengkaji tentang analisis keterampilan bermain tim Surabaya Bhayangkara Samator di grand final Proliga dan Livoli 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui 2 aspek penelitian yaitu tingkat keberhasilan dan kegagalan keterampilan bermain tim bolavoli Surabaya Bhayangkara Samator di Proliga dan Livoli 2019.
Hasil dari penelitian ini Keterampilan bermain tim bolavoli Surabaya Bhayangkara Samator di Proliga 2019 mencapai keberhasilan serve 87%, receive 99%, toss 100%, attack 93%, block 59%, dig 89% dan keterampilan bermain tim bolavoli Surabaya Bhayangkara Samator di Livoli 2019 mencapai keberhasilan serve 76%, receive 96%, toss 100%, attack 94%, block 59%, dig 95% Terjadi peningkatan/penurunan yang terjadi.
Kata kunci : olahraga, bolavoli, keterampilan, analisis analisis proliga, analisis livoli
Published
2020-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 0