STATUS KONDISI FISIK ATLET BOLAVOLI PUTRI PUSLATDA JATIM

  • siti ramziyyah rasyidah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Komponen dasar dari olahragawan iyalah kekuatan, ketahanan, kecepatan, koordinasi dan fleksibelitas. Untuk mencapai kondisi fisik yang sempurna, komponen dasar para atlet harus diasah dengan baik agar membuahkan hasil yang maksimal karena di cabang olahraga bolavoli membutuhkan kondisi fisik yang bagus. PUSLATDA JATIM (Pemusatan Latihan Daerah Jawa Timur) yang berada dibawah naungan KONI Jatim adalah lembaga yang sangat memperhatikan tinggi badan, kondisi fisik, serta keterampilan bermain atlet.

Dalam skripsi ini dirumuskan suatu rumusan masalah yaitu bagaimana kondisi fisik atlet bolavoli puslatda jatim  dengan tujuan  penelitian untuk mengetahui kondisi fisik atlet bolavoli Puslatda Jatim.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang pengambilan datanya dengan cara tes dan pengukuran, karena hasil penelitian disajikan dalam bentuk gambaran suatu kejadian tertentu.

Hasil tes dengan menggunakan instrumen tes yang telah peneliti rumuskan menunjukkan bahwa kekuatan otot perut atlet bolavoli putri Puslatda Jatim masih dalam kategori kurang dengan rata-rata 37,62. Kekuatan otot punggung dalam kategori baik dengan rata-rata 57,38. Kekuatan otot lengan dalam kategori kurang pada tes medicine ball trow dengan rata-rata 5,49 dan dalam kategori kurang pada tes chine up dengan rata-rata 1,58. Kekuatan otot dalam kategori baik dengan rata-rata 3,91 pada kaki kanan dan 2,50 pada kaki kiri.  Daya ledak otot tungkai pada tes vertical jump standing dengan rata-rata 55. Koordinasi atlet bolavoli dalam kategoari kurang dengan rata-rata 0. Kecepatan rata-rata3,54. Daya tahan atlet bolavoli putri Puslatda Jatim berada dalam kategori baik dengan rata-rata 6,77. Flexibility  atlet bolavoli putri Puslatda Jatim berada dalam kategori baik dengan rata-rata 18,62 pada tes sit and reach,15,85 pada tes ankle flexibility right, 15,69 pada tes ankle flexibility left, 0,62 upper body flexibility right, 0,92 upper body flexibility left, dan 7,46 untuk upper body flexibility back. Reaksi atlet bolavoli putri Puslatda Jatim dalam kategori kurang dengan rata-rata 0,25 pencapaian tertinggi 0,22 terendah 0,28.

Berdasarkan pembahasan terhadap hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kondisi fisik atlet bolavoli putri Puslatda Jatim memiliki status kondisi fisik dalam kategori bagus dilihat dari hasil keseluruhan yaitu kekuatan otot punggung, kekuatan otot paha, daya ledak otot tungkai, kecepatan, daya tahan, dan fleksibility. Namun diperlukan latihan husus pada kekuatan otot perut, lengan, koordinasi, dan reaksi.

 

Kata Kunci: Bolavoli, Kondisi Fisik, Puslatda Jatim

Author Biography

Muhammad Muhammad, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2020-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 58