Analisis Opini Pelari Rekreasional Terkait Faktor Penyebab Cedera Pada Olahraga Lari

Studi Pada Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Malang

  • Kuntum Zahro Wardati Universitas Negeri Surabaya
  • Donny Ardi Kusuma Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dengan banyakya kasus cedera yang terjadi pada olahraga lari, mungkin akan lebih baik untuk membuat strategi upaya pencegahan cedera, hal ini akan lebih mudah dilakukan apabila pelari mengerti faktor penyebab dari cedera tersebut. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan opini pelari rekreasional terkait faktor penyebab cedera olahraga lari.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dilaksanakan di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Malang dengan melibatkan 100 pelari rekreasional untuk mengisi kuisioner penelitian berskala Guttman. Data yang diperoleh akan dianalisis dan disajikan dengan kalimat deskriptif.

Sebagian besar dari 100 pelari rekreasional pernah mengalami cedera, lebih dari setengahnya memiliki riwayat cedera dan hanya sebagian kecil yang mengulangi cedera yang sama. Cedera yang paling sering dialami oleh pelari rekreasional adalah cedera pada bagian pergelangan kaki, lutut, dan tulang kering. Sebagian besar opini pelari rekreasional sudah sesuai dengan lliteratur, namun ada beberapa opini yang tidak sesuai dengan literatur dan hasil penelitian. Opini pelari yang kurang sesuai dengan literatur adalah stetching dapat mengurangi reiko cedera, serta tidak adanya pelatih dan perbedaan jenis kelamin tidak akan meningkatkan resiko cedera.

Penelitian ini menyajikan informasi mengenai opini pelari rekreasional terkait faktor penyebab cedera pada olahraga lari, penelitian ini dimaksudkan untuk membantu strategi penekanan angka cedera pada olahraga lari melalui upaya pencegahan dan penanganan cedera. Penelitian ini masih belum bisa dijadikan acuan karena tidak ada pihak medis yang terlibat dalam penelitian ini, sehingga cedera yang disebutkan dalam penelitian ini hanya sebatas opini pelari rekreasional saja.

Kata Kunci: opini pelari rekreasional, cedera

Author Biography

Donny Ardi Kusuma, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2020-10-15
Abstract Views: 587
PDF Downloads: 798