AKURASI SERVICE PENDEK DAN SERVICE PANJANG UNTUK USIA 14 – 16 DI PB KARTINI BANGKALAN

  • Abdin Auliya Hafiludin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik dan aktivitas psikis seseorang untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran orang yang bersangkutan. Banyak sekali jenis olahraga yang digemari dan bisa dilakukan supaya kesehatan dan kebugaran tetap terjaga, salah satunya adalah olahraga Bulutangkis. Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di kalangan masyarakat menengah  ke bawah hingga masyarakat menengah ke atas dan olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga  paling populer di dunia. Olahraga ini menarik minat dari berbagai golongan usia mulai usia anak – anak ,remaja, taruna, dewasa hingga lansia.

                 Untuk menjadi atlet bulutangkis, seseorang itu  harus memiliki beberapa faktor penunjang yaitu latihan secara intensif dan bertahap sehingga memiliki teknik pukulan dasar yang baik. Bulutangkis sendiri merupakan olahraga yang diawali dengan pukulan Servis. Jadi dalam hal ini Servis merupakan pukulan awal untuk memulai sebuah pertandingan bulutangkis.

                 Hal inilah yang melandasi penulis untuk melakukan sebuah penelitian tentang akurasi pukulan servis pada pemain PB Kartini Bangkalan usia 14 – 16 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan memberikan test berupa tes servis pada pemain PB Kartini Bangkalan. Teknik analisis data yang dipakai adalah aplikasi SPSS 21 dan penghitungan manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pukulan servis pendek atlet PB Kartini Bangkalan menunjukkan hasil baik. Sedangkan pukulan servis panjang atlet PB Kartini Bangkalan menunjukkan hasil yang sedang.

 

Kata Kunci : fisik, intensif, servis, akurasi

Published
2020-12-18
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 150