PENGARUH LATIHAN RESISTANCE BAND LEG PRESS DAN RESISTANCE BAND LYING LEG PRESS TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI (EKSTRAKULIKULER FUTSAL PUTRA SMAN 1 KREMBUNG)

  • fanny ody febrianto universitas negeri surabaya

Abstract

Abstrak

Kekuatan otot tungkai penting sekali dalam oalahraga futsal dengan latihan menggunakan beban dapat meningkatkan kekuatan dari otot tungkai, melalui program latihan resistance training salah satu upaya melatih otot dengan menggunakan alat Resistance band sebuah alat olahraga yang berbahan karet. Berdasarkan latar belakang  tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Resistance Band Leg Press dan Resistance Band Lying Leg Press terhadap kekuatan otot tungkai ekstrakulikuler futsal putra SMAN 1 Krembung.

Metode dalam penelitian ini adalah  kuantitatif , menggunakan metode quasy experiment dengan desain penelitian two group prettest-postest  untuk membandingkan sebelum treatment dan setelah treatment. Jumlah sampel dalam penelitian yang diadakan selama 6 minggu dengan intensitas 3 kali pertemuan dalam 1 minggu, sebanyak 20 siswa peserta ekstrakulikuler futsal putra sesuai dengan kriteria yang telah di tetapkan oleh peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan leg Dynamometer.

 Uji statistik menggunakan Uji Paired Samples t Test dan Uji Independt Samples t Tes dengan nilai signifikansi p<0.05. Hasil Uji Paired Samples t Test menunjukkan latihan Resistance Band Leg Press dan Resistance Band Lying Leg Press berpengaruh terhadap kekuatan otot tungkai, hal ini dapat dilihat dari nilai p-value Paired Samples t Test <0.05. Hasil uji Homogenitas menunjukkan variansi kelompok Resistance Band Leg press dan Resistance Band Lying Leg Press memiliki variansi yang sama dengan taraf signifikansi p>0.05. Hasil uji beda rata – rata menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pengaruh latihan Resistance Band Leg Press dan Resistance Band Lying Leg Press pada kekuatan otot tungkai, hal ini dapat dilihat dari nilai p-value Independent Samples t Test>0.05.

 Berdasarkan data maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh kenaikan kekuatan otot tungkai setelah melakukan latihan Resistance Band Leg Press dan Resistance Band Lying Leg Press.

Kata Kunci         : Kekuatan Otot tungkai, Resistance band , Leg press, Lying leg press, Futsal.

Published
2021-01-08
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 741