PROFIL ATLET RENANG DEA SALSABILA PUTRI SETELAH MELAKUKAN TRAINING CAMP KHUSUS DI AUSTRALIA

  • Dea Salsabila Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Irmantara Subagio Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Setelah sea game 2019, Dea Salsabila Putri melakukan training camp di Australia selama 2 bulan. Dea Salsabilla merupakan atlet renang dengan nomer OWS (Open Water Swimming), saat PON 2016 Dea Salsabila Putri mendapatkan medali perunggu pada nomor OWS (Open Water Swimming).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses mengetahui peningkatan program latihan selama training  khusus di Australia. Manfaat penelitian ini sebagai referensi untuk membina atlet prestasi khususnya di cabang olahraga renang dan sebagai tinjauan dalam membuat program latihan di cabang olahraga renang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penggunaan pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku, peristiwa serta kegiatan secara terperinci.

Dari semua data yang sudah diambil kemudian di olah, dapat disimpulkan bahwa latian selama 2 bulan dapat meningkatkan performa atlet renang. Di lihat dari mengikuti lomba Malaysia Open, Dea Salsabila Putri dalam membawa pulang 2 medali perak dalam nomer 800m dan 400m freestyle, pada aslinya dea merupakan perenang samudra tetapi penelitian ini dea juara pada cabang renang lintasan.

 Kata kunci : Atlet renang, Program Latihan, Peningkatan

Author Biography

Irmantara Subagio, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-01-15
Abstract Views: 260
PDF Downloads: 204