PENGARUH LATIHAN FUN GAMES TERHADAP TINGKAT KEBOSANAN ATLET BOLAVOLI PUTRA PUTRI EKSTRAKURIKULER SMA KARTIKA IV-3 SURABAYA

  • Gita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Fransisca Marhaendra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Fun games  adalah sarana mengasah keberania, tanggung jawab, kerja keras, kekompakan, serta sebagai sarana penyegaran dan keceriaan yang mengakibatkan kebosanan diri luntur begitu saja. fun games  kini telah dimodifikasi dalam permainan bolavoli guna menurunkan tingkat kebosanan seseorang yang memainkan permainan bolavoli.  Pernyataan diatas mendasari peneliti untuk meneliti apakah fun games  menurunkan tingkat kebosanan atlet pada saat berlatih.

Macam-macam permainan fun games  dalam penelitain ini ada 3 macam bentuk permainan yaitu fun games  warming-up, fun games  Inti dan fun games  colling down, fun games  terfavorit atau atlet sukai yaitu fun games  colling down dengan nama fun games  adalah tic tac toe.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara serta ada 12 semple yaitu 6 atlet laki-laki dan 6 atlet perempuan yang dilakukan di SMA Kartika IV-3 Surabaya.

Penelitian ini seharusnya di lakukan 18 kali tetapi berhubung adanya pandemi Covid-19 yang melanda maka penelitian yang peneliti lakukan hanya sampai 8 kali pertemuan, dengan hasil yakni fun games dominan menurunan tingkat kebosanan atlet pada saat berlatih. Dan fun games  yang evektif bagi atlet adalah fun games  tic tac toe.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah salah satunya yaitu fun games sangat berpengaruh terhadap tingkat kebosanan dengan fun games yang memiliki fariasi dan bentuk latihan baru sehingga dapat menarik minat latihan atlet untuk terus berlatih.

Published
2021-01-19
Abstract Views: 236
PDF Downloads: 693