Strategi Persela dalam Menggunakan Instagram sebagai Media Branding Klub di Musim Kompetisi Shopee Liga 1 2019

  • Dwi wahyu Irwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Arifin

Abstract

Branding adalah nama, istilah, tanda, atau simbol yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang, jasa,
atau kelompok yang berguna untuk membangun atau membesarkan sebuah merek, sehingga dapat menghasilkan
keuntungan atau hasil yang positif. Branding pada sepakbola dapat dibangun melalui nama klub, logo klub, jersey,
maskot, lagu klub, slogan, pemain, pelatih, dan suporter.
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan strategi Persela dalam menggunakan Instagram. Hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan evaluasi bagi media officer Persela dan dapat dijadikan tambahan
referensi pembelajaran dalam mengelola branding klub sepakbola serta memberikan kontribusi pemanfaatan Instagram
sebagai media informasi sebuah klub sepakbola.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subjek pada penelitian ini adalah pengurus media officer Persela Lamongan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
dapat diperoleh bahwa strategi yang digunakan Persela dalam menggunakan Instagram sudah baik. Jika dilihat dari aspek
media, peralatan yang dimiliki Persela dalam proses memproduksi sebuah postingan cukup mumpuni dan memiliki tim
media officer yang solid. Selain itu pada proses memproduksi sebuah postingan telah memiliki target dan persiapan yang
matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam sebuah postingan untuk Instagram Persela Lamongan.
Kata kunci: Branding, Postingan, Instagram

Author Biography

Mochamad Arifin

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-03-15
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 251