TINGKAT PEMAHAMAN PELATIH SEKOLAH SEPAKBOLA TERHADAP KURIKULUM PEMBINAAN SEPAKBOLA INDONESIA FILANESIA DI KABUPATEN KEDIRI PADA TAHUN 2020

  • Putra Surapana Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Syafii

Abstract

Pembinaan sepakbola Indonesia didasarkan pada kurikulum yang disusun oleh Pengurus Pusat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia dengan nama Filosofi Sepakbola Indonesia (Filanesia). Evaluasi terhadap penerapan kurikulum ini perlu dilakukan, khususnya di kalangan pelatih usia dini yang terlibat langsung pada proses pembinaan.  Seberapa besar pemahaman pelatih terhadap konten kurikulum tersebut menarik untuk diteliti. Oleh sebab itu, penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman pelatih terhadap kurikulum sepakbola Indonesia filanesia dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan melibatkan sebanyak 10 pelatih aktif di Sekolah Sepakbola sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menjelaskan bahwa kategori presentase sebagai berikut: 2 pelatih memiliki kategori sangat rendah dengan persentase  20%, 1 pelatih memeiliki kategori rendah dengan presentase 10%, 2 pelatih dalam kategori sedang dengan presentase 20%, 2 pelatih dalam kategori tinggi dengan presentase 20% dan 3 pelatih dalam kategori sangat tinggi dengan presentase 30%, maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum filanesia belum sepenuhnya dipahami oleh para pelatih di Kabupaten Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dari sebaran persentasenya, yang termasuk kategori memahami hanya 50%, sedangkan 50% lainnya masih belum sepenuhnya memahami.

Kata Kunci : Pelatih, Sepakbola, Filanesia.

 

Author Biography

Imam Syafii

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-03-16
Abstract Views: 390
PDF Downloads: 617