PENGARUH LATIHAN LADDER DRILL IN OUT SHUFFLE TERHADAP KELINCAHAN PEMAIN FUTSAL SMAN 16 SURABAYA

  • Reynaldi Prasetya Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Tutur Jatmiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Permasalahan Pemain Futsal SMAN 16 Surabaya, sudah menjadi catatan dasar untuk pelatih sana. Bahwa banyak pemain pemain kesulitan melewati lawan, mudah kehilangan bola, sulit untuk mengubah arah dan sulit juga berakselerasi pada saat satu lawan satu. Sehingga sering kalah bersaing pada saat bertemu dengan tim lawan yang mempunyai kelincahan diatas rata – rata. Tanpa kelincahan akan sulit bergerak, menggiring bola, mengubah arah, berakselerasi dan menghindar pada saat kontak fisik. Kelemahan tersebut dapat terjadi karena kurangnya latihan kelincahan pada pemain futsal SMAN 16 Surabaya.

Berdasarkan penjelasan diatas Peneliti mengambil permasalahan artikel “Pengaruh Latihan Ladder Drill In Out Shuffle Terhadap Kelincahan Pemain Futsal Sman 16 Surabaya”. Penelitian ini mengacu pada perilakuan latihan pada siswa ekstrakurikuler olahraga futsal SMAN 16 Surabaya. Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui tentang pengaruh latihan menggunakan ladder drill dapat melatih kelincahan pemain futsal SMAN 16 Surabaya.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimental dengan metode Quasi Experimen Design pendekatan dengan (One and control Pretest and Post-test Design” untuk melihat Pengaruh Latihan Ladder Drill In Out Shuffle Terhadap Kelincahan Pemain Futsal Sman 16 Surabaya. Dalam penelitian ini terdapat jumlah sample 24 pemain futsal dan dibagi menjadi 2 kelompok, 1 menggunakan latihan Ladder Drill In Out Shuffle, 2 kelompok kontrol, dimana pemilihan kelompok tersebut menggunakan ordinal pairing. Untuk Pretest dan Post-test menggunakan tes illinois test. Hasil menunjukan adanya pengaruh signifikan Latihan Ladder Drill In Out Shuffle terhadap kelincahan pemain futsal SMAN 16 Surabaya sebesar 40%. Latihan ladder drill memiliki pengaruh akan tetapi tidak signifikan.

 

 

Kata Kunci : Ladder Drill In Out Shuffle, Kelincahan, Pemain Futsal, SMAN 16.

Author Biography

Tutur Jatmiko, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-03-24