PROFIL KONDISI FISIK ATLIT PPLPD PENCAK SILAT BOJONEGORO JAWA TIMUR TAHUN 2020

  • Bambang Suwiyanto Bambang suwiyanto Pendidikan kepelatihan olahraga

Abstract

Pencak Silat merupakan seni beladiri yang membutuhkan keterampilan teknik dan kemampuan fisik seperti kekuatan, kecepatan, kelicahan, daya tahan, dan koordinasi tubuh. Pentingnya kondsi fisik dalam Pencak Silat menuntut seorang atlet harus berlatih secara progresif . Maksud dari melatih kondisi fisik ialah proses meningkatkan kemampuan fisik dengan sacara sistematis dan berkala untuk meraih kemampuan maksimal.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kondisi fisik atlet Pencak Silat PPLD Bojonegoro Jawa Timur dengan melakukan tes kekuatan,kelincahan,kecepatan,daya tahan, kelenturan,dan daya ledak. Subjek dari penelitian ini adalah 10 orang atlet Pencak Silat PPLD Bojonegoro yang terdiri dari 5 orang atlet putra dan 5 orang atlet putri.
Hasil peneltian menunjukkan daya tahan atlet putra rata-rata 9.16 termasuk kategori baik sekali dan atlet putri 7,24 termasuk kategori baik. Rata-rata kecepatan atlet putra 3,254 termasuk kategori baik sekali dan atlet putri 3,496 termasuk kategori baik sekali. Rata-rata kelincahan atlet putra 12,5 termasuk kategori baik dan atlet putri 14,15 termasuk kategori baik. Rata-rata kekuatan otot perut atlet putra 28,6 termasuk kategori kurang sekali dan atlet putri 28,4 termasuk kategori kurang sekali. Rata-rata kekuatan otot lengan atlet putra 39.8 termasuk kategori baik sekali dan atlet putri 34.4 termasuk kategori baik. Rata-rata daya ledak otot tungkai 2.05 termasuk kategori sedang dan atlet putri 2,004 termasuk kategori baik. Rata-rata kelentukan atlet putra 31,2 termasuk kategori sedang dan atlet putri 31,3 termasuk kategori baik. Ini menunjukkan atlet putra perlu meningkatkan kekuatan otot perut, daya ledak otot tungkai dan kelentukan. Sedangkan atlet putri perlu meningkatkan kekuatan otot perut dan mempertahankan kondisi kemampuan fisik yang lain.

Published
2021-04-23
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 35