ANALISIS FREKUENSI DAN POWER TENDANGAN ATLET TAEKWONDO PUSLATDA JAWA TIMUR

  • Ifan Kharisma Universitas Negeri Surabaya
  • Irmantara Subagio

Abstract

Taekwondo merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea yang  terkenal di Indonesia, taekwondo merupakan  olahraga Nasional Korea. Taekwondo merupakan gabungan dari 3 kata dasar, yaitu : Tae yang artinya kaki untuk menghancurkan atau disebut dengan teknik tendangan, Kwon artinya tangan untuk menghantam dan mempertahankan diri atau disebut dengan teknik pukulan, serta Do yang artinya seni bela diri yang menggunakan teknik kaki dan tangan kosong. Untuk melakukan berbagai teknik tendangan taekwondo maka perlu meningkatkan komponen-komponen kondisi fisik yang baik seperti kekuatan, kelentukan, daya tahan, kecepatan dan power. Taekwondo merupakan cabang olahraga yang memerlukan kontraksi yang kuat dan cepat yang sering disebut power. Penggunaan teknik tendangan dalam pertandingan harus dilakukan dengan cepat dan kuat

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis frekuensi dan power tendangan dengan sampel yang digunakan adalah atlet taekwondo PUSLATDA JATIM dengan 6 atlet putra dan 2 atlet putri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata tendangan masuk target atau yang menghasilkan poin dari keseluruhan atlet dari round pertama rata-rata tendangannya adalah 47,5, dan pada round kedua mengalami kenaikan menjadi 49,25, sedangkan pada round ketiga mengalami sedikit penurunan menjadi 48,87.

Sehingga dapat disimpulkan dari keseluruhan tendangan yang dilakukan dan tendangan yang masuk target, frekuensi tendangan atlet taekwondo Puslatda Jatim tidak stabil dan berbeda-beda. Setiap atlet melakukan tendangan dalam tiga round dan rata-rata mengalami penurunan. Menurut data tes tendangan yang dilakukan tidak semua masuk target karena power tendangan yang dilakukan masih kurang.

Kata kunci : Taekwondo, Frekuensi, Power, Tendangan

Author Biography

Irmantara Subagio

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-05-19
Abstract Views: 870
PDF Downloads: 1056