PROFIL KONDISI FISIK ATLET PUTRI PUSLATDA BOLATANGAN JAWA TIMUR PASCA TRAINING FROM HOME TAHUN 2020

  • Raka Yudha Wahyu Priantoko Universitas Negeri Surabaya
  • Gigih Siantoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Prestasi yang tinggi dapat dicapai dengan latihan yang telah direncanakan secara sistematis, dilakukan secara kontinyu dan di bawah pengawasan serta bimbingan pelatih yang profesional. Dalam mencapai kondisi fisik yang sempurna, komponen dasar para atlet harus diasah dengan baik agar memberikan hasil yang maksimal terutama pada cabang olahraga Bolatangan membutuhkan kondisi fisik yang bagus. Puslatda Jatim (Pemusatan Latihan Daerah Jawa Timur) yang berada di bawah naungan KONI Jatim adalah lembaga yang sangat memperhatikan kondisi fisik dan keterampilan bermain atlet. Dalam penelitian ini, dirumuskan suatu rumusan masalah yaitu mengenai metode bagaimana kondisi fisik atlet putri puslatda Bolatangan Jawa Timur pasca Training From Home (TFH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik atlet Puslatda Bolatangan Jawa Timur pasca Training From Home (TFH). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif yang pengambilan datanya dengan cara tes dan pengukuran, karena hasil penelitian disajikan dalam bentuk gambaran suatu kejadian tertentu.

Hasil instrumen tes yang telah peneliti rumuskan menunjukkan bahwa, kekuatan otot perut atlet Bolatangan putri Puslatda Jatim masih dalam kategori kurang dengan rata-rata sebesar 37,73. Pada tinjauan kekuatan otot punggung, hasil yang didapat tergolong dalam kategori baik dengan perolehan rata-rata sebesar 60 detik. Kekuatan otot lengan masuk dalam kategori kurang pada tes medicine ball throw dengan rata-rata 6,97. Kategori kurang juga ditunjukkan pada tes chin up dengan rata-rata sebesar 3,4. Tinjauan untuk kekuatan otot paha masuk dalam kategori baik jika melalui tes single leg dan masuk dalam kategori kurang jika diperoleh berdasarkan tes hamstring. Berdasarkan tes yang berfokus pada daya ledak otot tungkai yang dilakukan melalui tes triple jump, hasil yang didapat tergolong kurang dengan rata-rata sebesar 5,22. Dari segi tinjauan koordinasi atlet Bolatangan,  hasil tes menunjukkan bahwa perolehan data masuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 96 detik. Kategori kurang ditunjukkan untuk parameter kecepatan, dengan rata-rata sebesar 3,58 yang dilakukan melalui tes sprint 20 meter. Daya tahan atlet Bolatangan putri Puslatda Jatim tergolong kurang dengan rata-rata 6,01 berdasarkan hasil perolehan tes bronco. Tinjauan lainnya yaitu terkait flexibility atlet Bolatangan putri Puslatda Jatim, menunjukkan kategori baik dengan rata-rata sebesar 23,4 pada tes sit and reach; 17,4 pada tes ankle flexibility right; 16,2 pada tes ankle flexibility left sedangkan pada tinjauan upper body flexibility right; upper body flexibility left dan upper body flexibility back perolehan hasil menunjukkan capaian yang nihil sebesar 0. Kelincahan atlet Bolatangan putri Puslatda Jatim masuk dalam kategori kurang dengan rata-rata sebesar 16,73 detik yang diperoleh berdasarkan tes illinois.

Berdasarkan hasil capaian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kondisi fisik atlet Bolatangan putri Puslatda Jatim memiliki status kondisi fisik yang sebagian besar masuk dalam kategori kurang. Dari sekian banyak kategori yang masuk dalam kategori baik yaitu terkait tinjauan kekuatan otot punggung, koordinasi serta fleksibilitas. Dari hasil yang diperoleh, perlu dilakukan evaluasi dan peningkatan latihan khusus pada tinjauan latihan kekuatan otot perut, kekuatan otot lengan, kekuatan otot paha, kekuatan otot tungkai, kecepatan, daya tahan dan kelincahan.Abstrak ditulis maksimum 250 kata, memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian.

Kata Kunci: Analisa, Bolatangan, Kondisi Fisik

Author Biography

Gigih Siantoro, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-06-30
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 188