EFEK PANDEMI COVID 19 TERHADAP AKTIVITAS FISIK DAN KUALITAS TIDUR PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN PUCANG V SIDOARJO

Authors

  • Muhammad Taufan Tamimy Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Coronaviruses merupakan virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah (Covid-19,2020). Kasus positif covid-19 pertama di Indonesia terjadi pada bulan Maret 2020 dan beberapa bulan kemudian meyebar sampai 34 provinsi di Indonesia. Pandemi covid-19 membawa keprihatinan pada penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Pembelajaran online di masa pandemi adalah bagian dari upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus covid-19. Ditinjau dari konten dan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah pada masa pandemi, dapat dikategorikan dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok mata pelajaran yang didominasi oleh teori dan sedikit praktik, sementara kelompok kedua didominasi oleh praktik dengan sedikit teori. Kedua kelompok ini sangat berbeda dalam penerapan pembelajaran online. Pendidikan Olahraga merupakan disiplin ilmu yang masuk pada kategori kedua, dengan dominasi praktik pada aktivitas fisik. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti ingin mengetahui efek pandemi covid 19 terhadap aktivitas fisik dan kualitas tidur pada siswa sekolah dasar. Hasil cases missing pada case processing primary menunjukkan angka 0 (0%) yang berarti tidak ada data yang hilang dan analisis dapat dilanjutkan. Pada tabel korelasi, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.006. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Adanya perbedaan aktivitas fisik sebelum dan saat pandemi pada siswa SDN Pucang 5 Sidoarjo. Siswa kelas 4 SDN Pucang 5 Sidoarjo memiliki gambaran kualitas tidur buruk 70,9% dan kualitas tidur baik 29,09%,   Pandemi Covid 19 berpengaruh terhadap aktifitas fisik dan kualitas tidur siswa SDN Pucang 5 Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-25
Abstract views: 658 , PDF Downloads: 1841