ANALISIS MINAT ATLET USIA REMAJA DALAM MENGIKUTI PELATIHAN OLAHRAGA RENANG PADA KLUB RENANG KABUPATEN KEDIRI

  • Gladyola Pawestri Bintang Esih Universitas Negeri Surabaya
  • Bayu Agung Pramono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Olahraga renang selain utuk kejuaran dan menciptakan atlet baru, juga memiliki peran bagi kesehatan tubuh dan kebugaran jasmani. Olahraga renang biasanya merupakan olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, mulai dari anak usia dini, usia remaja sampai lansia, khusus nya di wilayah Kabupaten Kediri. Dalam beberapa tahun terakhir olahraga renang mengalami penurunan, banyak yang kurang minat dalam melakukan olahraga renang terutama untuk usia remaja. Mengapa bisa terjadi penurunan minat ? Faktor apa saja yang memperngaruhi minat usia remaja di Kabupaten Kediri pada cabang olahraga renang?. Sehingga mempunyai tujuan untuk mengetahui minat usia remaja terhadap cabang olahraga renang di Kabupaten Kediri.

                Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitaif, yang menggunakan angket google form.  Dalam angket yang disebar diambil 20 responden , 10 laki – laki dan 10 perempuan memasuki usia remaja. Hasil yang sudah dikumpulkan akan dihitung menggunakan ms excel.

                Hasil penelitian  Minat olahraga renang di Kabupaten Kediri pada usia remaja termasuk dalam kategori tinggi, dengan hasil presentase sebesar 80,72%. Pengaruh terbesar dalam mempengaruhi minat olahraga pada usia remaja di Kabupaten Kediri adalah fisik, dengan jumlah presentase 92%. Karena rata – rata fisik pada usia remaja masih kuat dan bugar, dan diikuti minat dengan jumlah presentase 84% dikategorikan tinggi. Menurut hasil penelitian olahraga renang termasuk olahraga air yang tidak terlalu berat. Faktor pendukung yang membuat minat usia remaja di Kabupaten Kediri melakukan olahraga renang yaitu keluarga, karena keluarga merupakan penyemangat terbaik. Dari penelitian tentang faktor keluarga memperoleh hasil tinggi 81%  termasuk dalam kategori tinggi. Selain keluarga, sarana prasarana kolam renang di Kabupaten Kediri termasuk lengkap dan layak pakai dan memperoleh hasil sebesar 75%. Faktor yang kurang mendukung dalam penelitian ini adalah lingkungan. Karena pengaruh paling buruk biasanya terjadi di lingkungan pertemanan dan lingkungan masyarakat. Presentase yang diperoleh dalam penelitian sebesar 72% meskipun termasuk kategori tinggi tetapi faktor lingkungan masyarakat mendapat hasil terendah.

 

Kata Kunci : Minat, faktor mempengaruhi

Author Biography

Bayu Agung Pramono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-11-11
Abstract Views: 306
PDF Downloads: 579