MINAT MASYARAKAT TERHADAP ESPORTS SEBAGAI OLAHRAGA PRESTASI DI JAWA TIMUR

  • Wildan Hernanda Agung Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Irmantara Subagio Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

                E-sports adalah kompetisi video game antara player yang menjadikan game tersebut sebagai alternatif cabang olahtaga resmi. E-sports sendiri memiliki nilai-nilai berupa nilai olahraga, ekonomi, sosial, prestasi, dan pengetahuan. Induk organisasi E-sport Indonesia sendiri adalah Pengurus Besar E-sport Indonesia (PBESI) yang diketuai oleh Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui minat atau antusias masyarakat terhadap E-sports sebagai olahraga prestasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan survei dengan instrumen kuisioner. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peminat E-sports di 3 daerah di Jawa Timur yaitu Mojokerto, Sidoarjo, dan Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang di lampirkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden memiliki persepsi yang positif terhadap E-sports sebagai olahraga prestasi di Jawa Timur masuk dalam kategori baik dengan presentase terbesar dari selururh jawaban instrument yaitu kriteria Sangat Setuju (SS) 28%, Setuju (S) 33%, Tidak Setuju (TS) 25,3%, Sangat Tidak Setuju (STS) 15,6%. Keterbatasan dari penelitian ini adalah cakupan wilayah/daerah yang penulis gunakan sebagai sampel.

Kata Kunci: Minat, Esports, Jawa Timur

Author Biography

Irmantara Subagio, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-11-19
Abstract Views: 772
PDF Downloads: 4563