MENINGKATKAN KEBUGARAN SISWA MELALUI AKTIFITAS FISIK DENGAN METODE TABATA TRINING DI MASA PANDEMI COVID-19

  • DINDA ANGGI WINARTA Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Faruk Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan individu untuk melakukan aktifitas tanpa adanya hambatan dalam pekerjaannya dengan secara maksimal tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan. Tabata training merupakan versi modisikasi dari metode High Intensity Interval Training (HIIT) untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan performa olahraga yang biasanya latihan ini menggabungkan dari berbagai latihan daya tahan dan latihan kekuatan yang dilakukan dalam satu waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kebugaran siswa melalui aktifitas fisik dengan metode tabata trining. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode tindakan, serta sampel penelitian terdiri dari 14 siswa kelas IX-K SMP Negeri 29 Surabaya. Instrumen penelitian ini menggunakan Multistage Fitness Test (MFT), selain itu siswa diberikan perlakuan yang terdiri dari dua yaitu high knee dan jumping jack. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwasannya pada saat pretest untuk kelompok yang diberikan perlakuan yaitu rata-rata sebesar 36.59 dan pretest untuk kelompok yang tidak diberi perlakuan yaitu rata-rata sebesar 28.29. Dari rata-rata pretest, terdapat rata-rata posttest yang diberikan perlakuan yaitu sebesar 28.29 dan rata-rata posttest yang tidak diberikan perlakuan yaitu sebesar 28.30. Selain itu, data persentase pretest siswa kategori baik sebesar 71.4%, kategori sedang sebesar 28.6%, kategori sangat baik, kurang, dan sangat kurang sebesar 0%. Untuk data persentase posttest siswa kategori baik sebesar 85.7%, kategori sedang sebesar 14.3%, kategori sangat baik, kurang, dan sangat kurang sebesar 0%.

Author Biography

Mohammad Faruk, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-11-23
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 167