PERBEDAAN FILOSOFI PELATIH DALAM PEMBINAAN USIA DINI

(STUDI KASUS PADA SEKOLAH SEPAK BOLA TRIPLE’S KABUPATEN KEDIRI)

  • ZIDAN RIZAKI UNESA
  • Imam Syafi'i

Abstract

Sepak bola adalah suatu cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Sepak bola merupakan permainan beregu, yang kemenangannya dalam pertandingan ditentukan oleh lebih banyaknya gol yang tercipta ke gawang lawan. Sepak bola sangat erat dengan filosofi, setiap pelatih pasti selalu mempunyai filosofi yang berbeda untuk melatih. Sumber data diperoleh dari tim pelatih selaku orang yang menerapkan filosofi dan siswa U-12 SSB Triple’s. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pelatih harus memiliki filosofi yang sama atau berbeda dan bagaimana dampak perbedaan filosofi pelatih dalam strategi bermain terhadap usia dini. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu kedua pelatih mempunyai filosofi yang berbeda yang diterapkan dalam SSB Triple’s. Dampak positif dari filosofi pelatih Sayyid bagi siswa yaitu siswa mengerti cara bertahan yang benar dan baik untuk melakukan transisi ke menyerang, sedangkan dampak negatifnya yaitu siswa tidak akan bisa lama untuk menguasai bola dan dampak positif filosofi yang diterapkan pelatih Jaya bagi siswa yaitu siswa akan berpikir cepat untuk memindahkan bola dari lini per lini, sedangkan dampak negatifnya yaitu siswa lemah akan prinsip bertahannya. Berdasarkan hasil yang didapat bisa disimpulkan bahwa kedua pelatih mempunyai filosofi masing-masing asalkan baik untuk siswa walaupun kedua filosofi tersebut mempunyai dampak positif dan negatif bagi siswa dan semua siswa banyak yang sudah mengerti dari kedua filosofi pelatih, sedangkan beberapa siswa masih ada yang tidak bisa memahami filosofi pelatih Jaya karena siswa tersebut mempunyai gaya bermain sendiri.

Kata Kunci: Filosofi, Sepak bola

Author Biography

Imam Syafi'i

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2021-12-15
Abstract Views: 295
PDF Downloads: 529