Peran Pelatih Taekwondo Dalam Memotivasi Belajar Anak Usia Dini Di Club Ganghan Taekwondo Surabaya

  • Fikria Hanum Universitas Negeri Surabaya
  • muhammad kharis fajar Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peran pelatih dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk membangun semangat dan minat berlatih terhadap siswa belajar taekwondo. Semangat yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka lakukan dan inginkan. Jika mereka melihat bahwa sesuatu itu akan membuat siswa bisa maka mereka akan berminat. Karena itu akan mendatangkan kepuasan. Dan jika kepuasan tersebut bertambah, maka minat untuk belajar taekwondo akan terus bertambah. Tujuan dari penelitian  ini adalah mendukung program pelatihan taekwondo anak usia dini di Club Ganghan Taekwondo surabaya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi mengenai peran pelatih terhadap anak dalam meningkatkan minat belajar beladiri taekwondo terhadap siswa.  Sedangkan teknik observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai aktivitas belajar anak serta kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal anak.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran pelatih sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak terutama dalam hal belajar atau pendidikan dan juka Peran orang tua juga dibutuhkan siswa untuk mereka semangat lagi dalam hal belajar taekwondo.

 Kata kunci : peran pelatih, motivasi,anak usia dini

Author Biography

muhammad kharis fajar, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidkan Kepelatihan Olahraga

Published
2022-01-28
Abstract Views: 391
PDF Downloads: 740