ANALISIS PEMBINAAN PRESTASI TIM PORPROV SEPAK TAKRAW KABUPATEN SAMPANG 2019

  • Faisol Effendi Faisol Effendi Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Faruk faruk Universitas Negeri Surabaya

Abstract

PSTI Kabupaten Sampang telah kegiatan pelaksanaan pembinaan sepak takraw dimulai tahun 1989. Latar belakang dilakukan penelitian ini mempunyai arti turunnya prestasi secara keseluruhan di PSTI Kabupaten Sampang pada PORPROV VI 2019. Tujuan dari tinjauan ini mempunyai arti sebagai mengetahui latihan sepak takraw di PSTI Kabupaten Sampang pada Porprov VI Jawa Timur 2019. Teknik pada penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Pengumpulan arsip yang difungsikan sebagai diantaranya adalah sebagai berikut wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini mempunyai arti seluruh karyawan yang khawatir dan bisa difungsikan sebagai sebagai sumber statistik berasal pemahaman hasil penelitian yang dibutuhkan. Topik yang dibahas kali ini mempunyai arti pengurus, pelatih, dan atlet PSTI Kabupaten Sampang.

Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti, pendekatan pelatihan di PSTI Kabupaten Sampang belum berjalan dengan baik. Kemudian sarana dan prasarana yang ada di PSTI Kabupaten Sampang masih kurang memadai dan organisasi PSTI Kabupaten Sampang telah tidak berjalan dengan baik lagi. Selain itu, program persekolahan di PSTI Kabupaten Sampang telah tidak mampu lagi berjalan maksimal sehingga prestasi para atlet di PSTI Kabupaten Sampang pada kesempatan Porprov ini sama sekali belum bisa meraih medali.

Berlandaskan penelitian secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa pembenahan pada PSTI di Kabupaten Sampang secara keseluruhan belum mampu berjalan secara optimal. Oleh sebab itu peneliti ingin menawarkan rekomendasi yaitu perencanaan dan realisasi pembinaan harus dimulai sedini mungkin. Kemudian peningkatan sarana dan prasarana mempunyai arti salah satu media sebagai suatu usaha untuk peningkatan kapasitas atlet, Sebaiknya melakukan peningkatan pada sarana dan prasarana yang lebih baik sehingga sebagai mencapai kinerja yang paling menguntungkan, maka diperlukan rencana yang cermat yang dituangkan pada program pelatihan. Sebaiknya pembinaan atlet dilakukan secara lebih terencana dan diselesaikan lebih optimal sebagai menuai kinerja yang maksimal.

 

Kata Kunci : Pembinaan Prestasi, Porprov VI Jawa Timur 2019, PSTI Kabubaten Sampang   

Author Biography

Mohammad Faruk faruk, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S1 Pendidikan kepelatihan Olahraga  

Published
2022-06-13
Abstract View: 23
PDF Download: 12