PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK SISWA KELAS XI SMA ANTARTIKA SIDOARJO SELAMA PANDEMI COVID - 19

  • Senri Putri Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Sri Undy Mahardika Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran daring (on-line) terhadap hasil belajar PJOK di SMA Antartika Sidoarjo selama pandemic Covid-19 serta perbandingan ketuntasan hasil belajar daring dan luring siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Antartika Sidoarjo sebanyak 107 siswa yang diambil dari 216 siswa dengan menggunakan cluster random sampling. Data ketuntasan dan ketidak tuntasan hasil belajar PJOK tersebut dibandingkan antara pembelajaran PJOK dengan metode luring ketika pandemi Covid-19 belum mewabah, dengan pembelajaran daring sepanjang terjadi pandemi Covid-19. Perbandingan ketuntasan dan ketidak tuntasan hasil belajar PJOK tersebut menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya perbedaan ketuntasan hasil belajar PJOK ketika pembelajaran luring dan daring dimana: (1) ketuntasan hasil belajar PJOK ketika pembelajaran dilakukan dengan daring 78% tuntas dan tidak tuntas 22%, (2) ketuntasan hasil belajar PJOK ketika pembelajaran dilakukan dengan luring 97% tuntas dan 3% tidak tuntas. Analisis perbandingan menggunakan kriteria: (1) pembelajaran daring menghasilkan ketuntasan 22,4% kurang, 30,8% cukup, 28% baik, dan 18,7% sangat baik, (2) pembelajaran luring menghasilkan ketuntasan 28% kurang, 3,7% cukup, 49,5% baik, dan 43,9 sangat baik. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan ketuntasan hasil belajar PJOK ketika guru menggunakan pembelajaran luring dan daring, dimana terjadi penurunan ketuntasan ketika guru menggunakan pembelajaran daring. Saran yang dapat dirumuskan adalah guru PJOK perlu mempertimbangkan hasil penelitian dalam merancang PBM terutama jika tidak memungkinkan melaksanakan pembelajaran PJOK melalui luring, dengan mengatasi kelemahan atau hambatan yang terjadi ketika pembelajaran PJOK menggunakan metode daring.

Author Biography

I Made Sri Undy Mahardika, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2022-07-21
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 111