IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SEKECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO

  • Muhammad Sucrhon Juang Wijaya UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Mohammad Faruk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran senam lantai di SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisa deksriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 122 siswa yang ditentukan dengan metode penentuan sampel menggunakan probability sampling yaitu random sampling, sehingga populasi yang ditentukan sebagai sampel penelitian adalah populasi yang memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui metode survey dengan angket serta wawancara terstruktur dengan narasumber yang berprofesi sebagai guru PJOK. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan Microsoft Excel 2010 untuk kemudian dianalis guna mendapat kesimpulan akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran senam lantai di SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan dikategorikan “Sangat Baik”, sedangkan dalam aspek evaluasi dikategorikan “Baik”. Sehingga, secara keseuluruh keterlaksanaan pembelajaran senam lantai di SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro dapat dikategorikan “Sangat Baik”, meskipun beberapa hal masih perlu diperhatikan lebih lanjut untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Kata Kunci: pendidikan jasmani, senam lantai, identifikasi pembelajaran

Author Biography

Mohammad Faruk

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2022-08-02
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 196