TINGKAT KEPUASAN PEMAIN TERHDAP KUALITAS LAYANAN PENGURUS KLUB SERPONG CITY FC SELAMA PEMUSATAN LATIHAN DI YOGYAKARTA

  • Dimo Aguva Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Purnomo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Sepakbola merupakan suatu olahraga yang dimainkan 2 tim yang saling berlomba mencetak gol sebanyak banyaknya. Penelitian ini memiliki tujuan melihat tingkat kepuasan pemain terhadap pelayanan yang didapat oleh pemain Serpong City FC dari pengurus klub. Tempat yang dipilih peneliti untuk meneliti adalah di klub Serpong City FC, dengan jumlah populasi 25 orang. Sampel yang terambil sebesar 25 orang. Pada penelitian ini memilih jenis deskriprif kuantitatif,  serta metode yang dipilih adalah dengan menggunakan metode  survei. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuisoner atau angket yang mengadopsi dari penelitian Fikri, Nanang Fatihi Allafal dengan jenis angket skala likert. Analisis data yang digunakan merupakan deskriptif kuantitatif, microsof excel digunakan untuk menganalisis data. Pada hasil dan pembahasan dari beberapa faktor serta hasil di setiap faktor tersebut, antara lain : faktor tangible(berwujud) hasil yang dominan berada pada kategori “Setuju” dengan hasil persentase sebesar 48% (12 responden), faktor reability(keandalan) hasil yang dominan berada pada kategori “Tidak Setuju” dengan hasil persentase sebesar 52% (13 responden), faktor empati hasil yang dominan berada pada kategori “Setuju” dengan hasil persentase sebesar 48% (12 responden), faktor responsive(ketanggapan) hasil yang dominan berada pada kategori “Tidak Setuju” dengan hasil persentase sebesar 60% (15 responden), dan assurance(jaminan) hasil yang dominan berada pada kategori “Setuju” dengan hasil persentase sebesar 56% (14 responden). Dari hasil beserta analisis yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa training center klub Serpong city fc selama 3 bulan di Yogyakarta dapat diketahui nilai dominan yang muncul berada dikategori tidak setuju mendpatkan hasil frekuensi (f) sebesar 12 responden dengan persentase sebesar 48%.

Kata Kunci: tingkat kepuasan, kualitas layanan, pemusatan latihan

Author Biography

Mochamad Purnomo, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2022-12-19
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 38