PROFIL AGRESIVITAS SERANGAN ANGGAR PADA ATLET MBA SPARTANS FENCING CLUB

  • Maghfirotin - Nisaa universitas negeri surabaya
  • Rini Ismalasari universitas negeri surabaya

Abstract

Club ini banyak mengukir prestasi salah satunya pada Kejuaraan Provinsi pada tahun 2021 di Situbondo. Akan tetapi pada saat pertandingan berlangsung beberapa atlet MBA SPARTANS mengalami penurunan kondisi fisik, hal ini dapat diperhatikan pada kelincahan, kecepatan serta power pemain yang menurun pada saat melakukan gerakan teknik serangan. Olahraga anggar dominan menggunakan movement kaki disertai gerakan-gerakan eksplosif power yang pada akhirya membutuhkan energi dan ketahanan fisik yang besar (Sukadiyanto dan Muluk, 2011). Teknik serangan dalam anggar juga memerlukan tingkat daya ledak atau power yang tinggi sehingga agresivitas pada atlet saat menyerang sangat diperlukan.

 

Berdasarkan dari latar belakang diatas peneliti ingin membuat penelitian yang berjudul Profil Agresivitas Serangan Anggar Pada Atlet MBA SPARTANS Fencing Club. Jenis penelitian ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara agresivitas terhadap serangan anggar yang kemudian dikaitkan dengan beberapa kajian teori peneliti yang sudah tervalidasi di lapangan. Penelitian ini memakai metode one sample test non experiment, metode ini digunakan untuk mengambil data sample 1 kali ambil data yang kemudian diolah dan di analisis.

Hasil menunjukan atlet MBA SPARTANS  fencing club terhadap agresivitas serangan adalah pada atlet yang berhasil mendapatkan skor 9-10 pada kategori baik sekali sebesar 20%, skor 7-8 pada kategori baik sebesar 30%, skor 5-6 pada kategori cukup sebesar 30%, dan pada skor 3-4 pada kategori kurang sebesar 20%.

Kata kunci : Agresivitas, Serangan, Anggar

Author Biography

Rini Ismalasari, universitas negeri surabaya

Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2023-05-29
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 45