INDIKATOR PERMAINAN BOLAVOLI PROLIGA PUTRA 2023

  • Muhammad Nur Huda Universitas Negeri Surabaya
  • Machfud Irsyada Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Indikator permainan digunakan sebagai salah satu nilai atau alat yang digunakan sebagai tolak ukur suatu perkembangan atau kemajuan yang terjadi dalam suatu permainan. Sebuah kemajuan permainan dapat dipengaruhi oleh komposisi pemain dalam tim dan strategi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tentang kemajuan sebuah permaianan bolavoli yang diambil dari sembilan indikator yang diaplikasikan pada empat tim yang bertanding pada final four proliga putra 2023 di gor tri dharma Gresik.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitaif non-eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif. Denga menjabarkan semua gejala atau fenomena yang terjadi dalam sebuah peristiwa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi.

Indikator permainan bolavoli pada final four proliga putra 2023 antara lain: indikator rata-rata durasi reli 5,64 detik, indikator rata-rata durasi reli tanpa kegagalan reli 5,76 detik. Indikator bola terbang dari semua set 13,16%, indikator bola terbang dari semua pertandingan 12,81%. Indikator dari kegagalan reli 22,00%. Indikator satu kali serangan reli yang berhasil dari semua reli 58,22%. Indikator satu kali serangan dan kegagalan reli dari semua reli 21,70%. Indikator dari struktur reli meliputi 3 bagian yakni kegagalan reli 21,87%, satu kali serangan reli 44,78%, lebih dari satu serangan reli 33,35%. Indikator rata-rata kontak dengan bola 4,11. Indikator keseimbangan serangan dan pertahanan 2,06%. Indikator porsi memenangkan reli dari servis sendiri 33,15%.

Kesimpulan dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa permainan bolavoli Indonesia cenderung lebih cepat, dengan satu kali perpindahan bola. Dalam permainan ini lebih sering terjadi satu kali serangan reli yang berhasil daripada kegagalan atau keberhasilan servis, maupun dua atau lebih serangan atau perpindahan bola. karena tidak keseimbangan permainan. Attack lebih bagus daripada defence (dalam reli), begitu juga kemampuan servis yang masih lemah sehingga masih mudah diterima oleh lawan.

Kata Kunci: Indikator permainan, Bolavoli, Proliga putra 2023

Author Biography

Machfud Irsyada, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2023-07-06
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 20